Mengulas Tentang Jenis Kamera Video Menurut Media Penyimpanannya

Penggunaan kamera sekarang ini sudah semakin banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Jika dahulu kamera diciptakan dalam ukuran besar dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu untuk membuat film komersil, sekarang ini semua orang bisa membuat video dengan mudah dan cepat kemudian juga dapat memutarnya kembali secara gratis. Kamera video yang diciptakan dari waktu ke waktu juga mengalami perkembangan yang cukup cepat seiring dengan perkembangan teknologi fotografi dan digital. Bagi Anda yang ingin mengetahui jenis-jenis kamera yang gunanya untuk merekam gambar, berikut ini adalah perkembangannya dari waktu ke waktu yang didasarkan pada penggunaan media penyimpanannya.

 Cam coder dengan kaset pita.

Merupakan jenis perekam video pertama yang diciptakan dengan media penyimpanan kaset pita. Kamera jenis inilah yang awalnya digunakan untuk melakukan rekaman film layar lebar. Karena kaset pitanya sendiri memiliki dimensi yang agak besar, maka kamera recorder ini juga memiliki bentuk yang besar. Dahulu perlu 2 orang untuk bisa menyangganya sebelum kemudian diciptakan dengan bentuk yang semakin mengecil.

 Cam coder dengan mini dv.

Mini dv sebenarnya juga masih termasuk dalam kaset pita. Namun penggunaannya sudah lebih digital seiring dengan terciptanya handy cam yang merupakan kamera video digital. Mini dv juga bisa digunakan untuk merekam gambar, menghapus, kemudian menggunakannya lagi. Namun karena masih menggunakan pita, hapus tulis bisa mengakibatkan pita berkerut dan gambar yang terekam tidak berkualitas baik. Untuk menikmati hasil dari rekaman, mini dv bisa di playback menggunakan handy cam tersebut kemudian juga bisa dihubungkan langsung ke televisi.

 Cam coder dengan cakra mini dvd.

Bentuk cam coder dengan mini dv memang sudah kecil dibandingkan dengan cam coder yang menggunakan kaset pita. Namun penggunaannya yang harus digenggam masih dianggap terlalu berat sehingga di ciptakanlah cam coder yang menggunakan media mini dvd dengan dimensi yang lebih ramping. Selain mengurangi berat kamera, mini dvd juga bisa langsung di play dari dvd player yang dihubungkan ke televise sehingga cam coder tidak perlu digunakan hanya untuk memutar kembali video yang sudah direkam.

 Cam coder dengan memory card.

Merupakan jenis kamera perekam terbaru yang sudah menggunakan memory card kecil sebagai penyimpanannya. Cam coder sendiri sekarang ini sudah menjadi satu dengan kamera secara fungsinya sehingga Anda bisa memiliki 2 fungsi tersebut dalam satu gadget.

 

Janis-jenis kamera video sangat mungkin akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Saat ini masyarakat sudah bisa dengan mudah membuat rekaman video dari kamera smartphone ataupun kamera saku yang berukuran kecil. Hasil video juga sudah memiliki resolusi yang baik sehingga bisa langsung dihubungkan ke layer televise yang berukuran lebih besar. Namun penggunaan kamera juga perlu dibatasi agar tidak merekam hal-hal yang bukan menjadi hak si pengguna kamera tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *