Mengulas Fitur Pada DSLR Kamera yang Paling Sering Terlupakan untuk Digunakan


Mengulas Fitur Pada DSLR Kamera yang Paling Sering Terlupakan untuk Digunakan

DSLR kamera saat ini memang sedang digandrungi masyarakat untuk mengabadikan segala momen yang dianggap mereka penting agar momen tersebut tidak dilupakan. Kamera ini sering dipilih karena memiliki kualitas yang baik dan juga memberikan hasil gambar yang baik. Meski harga kamera ini beragam dan juga digunakan oleh segala jenis lapisan masyarakat, mulai kaum muda sampai ke kaum dewasa, yang amatir sampai dengan yang profesional, dan lain sebagainya. Selain untuk mengambil gambar, ternyata kamera ini mempunyai banyak fungsi dan juga fitur yang dapat Anda gunakan untuk memberikan kenyamanan dalam mengambil gambar. Namun, nyatanya tidak semua fitur digunakan, ada pula beberapa jenis yang tidak terlalu dipakai bahkan dilupakan. Berikut adalah fitur berikut:

Mengulas Fitur Pada DSLR Kamera yang Paling Sering Terlupakan untuk Digunakan

  • Framing Grid

Fitur pertama pada kamera tersebut yang sering dilupakan adalah framing grid. Fitur ini nyatanya mampu memudahkan Anda untuk melihat banyaknya garis horizontal mau pun vertikal yang dapat Anda gunakan untuk melihat apakah objek tersebut sudah terambil dengan posisi yang tegak dan lurus atau tidak. Fitur ini sebenarnya sangat baik untuk digunakan oleh para fotografer yang memang harus mengambil gambar yang lurus tanpa miring sedikit pun. Namun sayangnya, fitur ini tidak sering digunakan oleh pemakai kamera jenis ini.

  • Dioptric Viewfinder

Fitur DSLR kamera yang kerap dilupakan untuk dipakai dalam mengambil foto adalah Dioptric Viewfinder. Dioptric tersebut berfungsi sebagai pengatur pandangan dari viewfinder untuk mendekat mau pun menjauh. Fitur ini hampir serupa dengan zooming, selain itu, fitur ini juga biasanya lebih diperuntukkan bagi penggunanya yang memiliki masalah dalam pandangan mereka, seperti minus mau pun plus agar dapat melihat dengan lebih jelas ketika sedang membidik gambar.

Baca Juga:Perawatan Terbaik untuk DSLR Kamera yang Benar

  • Light Meter

Fitur lainnya yang sering dilupakan oleh pemakainya adalah light meter. Fitur ini memiliki fungsi untuk dapat mengetahui dan juga mengukur besarnya cahaya yang terdeteksi oleh sensor kamera. Fitur ini biasanya berada pada viewfinder dan juga live view. Dengan menggunakan indikasi penunjuk poin, maka Anda pun dapat mengetahui tingkat pencahayaan yang ada dalam ruang tersebut. Jika poin semakin ke sebelah kanan, maka artinya pencahayaan disana kurang, sedangkan jika terlalu ke kiri, maka pencahayaannya kurang, akan lebih baik jika menunjukan angka 0 yang berarti sudah pas dan sangat baik.

  • Continuous Shoot

Fitur terakhir yang kerap terlupakan untuk dipakai pada DSLR kamera adalah fitur continuous shoot. Fitur ini memang sangat direkomendasikan untuk menangkap objek yang bergerak dengan sangat cepat. Jenis kamera ini memiliki kemampuan mengambil gambar yang berbeda-beda. Ada yang mampu mengambil 3 dalam satu detiknya, 4 atau 5 dalam setiap detiknya, dan masih berlanjut. Hal ini tergantung dengan tipe kamera jenis tersebut yang Anda gunakan.

Be Sociable, Share!

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *