Mengenal Lebih Jauh Tentang Jenis-jenis Kamera Digital

Memotret kini bukan hanya sebagai hobi, namun bisa juga sebagai cara untuk mendapatkan uang. Bahkan saat ini penggila fotografi sangat dimanjakan dengan kehadiran berbagai jenis kamera yang ada di pasaran. Kamera tersebut pun sangat beragam mulai dari kamera analog hingga kamera digital yang canggih. Hal ini pun menjadikan masyarakat bisa dengan leluasa memilih dan menentukan kamera jenis apa yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuannya.

Meskipun ketersediaan kamera sudah banyak, namun masih banyak juga orang awam yang belum mengetahui tentang jenis kamera yang ada saat ini. Berikut ini beberapa jenis kamera digital yang ada saat ini, antara lain:

  • Kamera ponsel

Kamera di ponsel juga termasuk dalam digital dengan kelebihan berukuran kecil dan sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Karena berada di dalam ponsel, maka fungsi dari kamera ini sendiri juga bisa dipakai untuk menelepon dan berinteraksi dengan orang lain.

  • Kamera saku

Kamera ini dulu sangat populer sebelum beredarnya ponsel berkamera. Dengan ukurannya yang kecil dan harganya yang murah menjadikan kamera ini sangat laris manis di pasaran. Namun seiring dengan perkembangan ponsel berkamera saat ini, kepopulerannya pun mulai pudar.

  • Kamera advanced compact

Kamera ini memiliki sensor gambar relatif lebih besar dibanding kamera pada ponsel atau kamera saku biasa. Kemampuannya dalam menangkap gambar pun lebih detil dan jernih dan bisa digunakan dalam kondisi gelap.

  • Kamera superzoom

Kelebihan yang utama dari jenis kamera ini adalah pada zoom lensa yang bisa mencapai 20x sampai 50x, bahkan lebih. Dengan bentuk yang mirip dengan kamera DSLR, namun harga lebih terjangkau, kamera superzoom ini cukup mampu menarik minat pasaran. Meski begitu, sensor gambar dari kamera ini juga cenderung lebih kecil.

  • Kamera mirrorless

Jenis kamera ini belakangan sedang populer dan banyak diperbincangkan di pasaran. Hal ini lantaran desainnya yang lebih kecil dibanding kamera DSLR, namun mampu memberikan hasil tangkapan gambar yang sama dengan DSLR. Meski begitu, kelemahan dari kamera ini ada pada baterai dan juga kinerja autofokus yang belum begitu maksimal.

  • Kamera DSLR

Kamera DSLR terdiri dari berbagai jenis yaitu untuk pemula, menengah dan kamera profesional dimana masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Tentu saja yang tercanggih ada pada kamera profesional karena memang segmen pembelinya adalah pada para fotografer profesional.

Itulah beberapa jenis kamera digital yang ada di pasaran saat ini. Semua jenis kamera tersebut masih bisa dengan mudah Anda temui. Masing-masing jenis kamera tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *