Mengenal Lebih Dekat Tentang Fisheye Lens dan Kegunaannya

Mengenal Lebih Dekat Tentang Fisheye Lens dan Kegunaannya

Untuk keperluan fotografi ada banyak sekali jenis lensa yang digunakan untuk memfokuskan cahaya pada objek. Beberapa diantaranya, seperti Zoom, Prime, Tele, Makro, Wide angle, Fisheye, dll. Untuk lensa fisheye tentu membuat beberapa orang bertanya-tanya dengan namanya, mengingat jika diartikan adalah “mata ikan”. Memang tidak salah jika disebut demikian, karena lensa fisheye atau fisheye lens memiliki bentuk yang cembung seperti pada mata ikan.

 Mengenal Lebih Dekat Tentang Fisheye Lens dan Kegunaannya

Lensa fisheye adalah jenis lensa ultra wide angle yang berguna untuk menghasilkan foto lebar panoramik atau hemisperik. Beberapa orang sering menyamakan antara lensa fisheye dengan wide angle karena jangkauannya yang luas dan panjang. Namun sebenarnya kedua lensa ini jelas berbeda. Karena untuk lensa fisheye yang 8mm saja memiliki jangkauan yang lebih lebar dan luas dibandingkan dengan lensa wide angle 8mm. 

Lensa fisheye memiliki bentuk yang cembung dan bisa menangkap gambar cembung dengan sudut hingga 180 derajat. Selain itu memiliki titik fokus pendek dengan depth of filed (kedalaman) yang hampir tidak terbatas. Kebanyakan lensa ini digunakan untuk menangkap objek foto, seperti objek landscape, bangunan perkotaan, di dalam ruangan, dlsb. Sebagian besar lensa fisheye masuk dalam kategori wide angle. Namun tidak semua jenis lensa wide angle merupakan fisheye lens. 

Ada dua jenis lensa fisheye, yaitu:

  • Circular fisheye (fisheye lingkaran).

Untuk lensa circular fisheye bisa menghasilkan gambar melingkar dengan sudut pandang 180 derajat untuk arah horisontal maupun vertikal.

  • Diagonal fisheye.

Untuk jenis lensa fisheye yang satu ini bisa menangkap objek foto dengan sudut pandang 180 derajat untuk arah horisontal, namun kurang dari 180 derajat untuk arah vertikal. 

Mengingat lensa fisheye memiliki sudut pengambilan objek gambar 180 derajat, sehingga lensa ini bisa digunakan untuk menghasilkan gambar panorama langit. Selain itu lensa ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai hasil bidikan gambar dengan bentuk dan komposisi yang menarik. Karena lewat lensa fisheye, Anda akan mendapatkan gambar menarik berikut ini:

  • Hasil gambar dengan distorsi melengkung.

Lewat lensa fisheye, Anda akan mendapatkan hasil foto dengan distorsi atau penyimpangan bentuk berupa lengkungan. Sehingga hasil jepretan kamera akan terlihat objek yang tampak melengkung.

  • Hasil gambar dengan bentuk yang unik.

Dengan lensa fisheye Anda akan mendapatkan hasil jepretan yang unik dan anti mainstream berupa gambar melengkung tanpa harus mengedit lewat Photoshop. Tidak hanya itu saja, dengan lensa ini Anda juga menangkap gambar menjadi terlihat luas. Sehingga akan menjadikan objek foto yang sempit akan terlihat lebih lebar.

Fisheye lens juga sangat cocok digunakan untuk membidik momen behind the scene (BTS) dalam sebuah photo project karena kemampuannya untuk menangkap area yang luas. Sehingga semua bagian objek bidikan kamera bisa termuat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *