Mengenal Lebih dalam Kamera Manual dan Konvensional

Sebelum kita memasuki jaman digital seperti saat ini, dahulu dalam mengambil atau mengabadikan sebuah gambar digunakan sebuah kamera analog yang difungsikan secara manual. Untuk dapat merekam atau menyimpan gambar hasil cepretan, kamera manual ini menggunakan suatu sistem penyimpanan yang diwujudkan dalam bentuk negative film atau yang biasa disebut dengan negative seluloid. Oleh karena itulah, banyak masyarakat umum yang menyebutkan kamera ini dengan kamera film.

Dalam sistem kerjanya sendiri film seluloid yang terdapat pada kamera ini terdiri dari beberapa bagian atau elemen penting, sehingga dapat dipergunakan untuk menangkap gambar dari hasil cepretan kamera dan meneruskannya kembali dalam bentuk negative, yang kemudian akan dicetak dalam bentuk foto setelah melalui proses pencucian film. Gambar yang dihasilkan oleh negative seluloid, biasanya akan dicetak menjadi sebuah foto nyata dengan menggunakan media khusus, yaitu kertas foto.

Berikut ini beberapa jenis kamera manual, yang banyak digunakan oleh beberapa kalangan di Indonesia, sebagai alat untuk pengambilan dan pengabadian gambar ataupun moment berharga yang mereka miliki, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Kamera Mirrorless yang Bisa Menjadi Pilihan

  • Kamera pocket, kamera ini juga sering disebut oleh orang sebagai kamera saku, karena memiliki bentuk yang kecil dan mampu ditempatkan pada saku para penggunanya. Kamera ini memiliki sistem kerja point and shot atau menekan tombol kamera ketika lensa sudah mengarah pada objek yang dibidik.
  • Kamera TLR atau yang biasa disebut dengan kamera lensa kembar. Kamera ini memiliki 2 bidang lensa, dimana salah satu lensa berfungsi sebagai pengambil gambar, sedangkan lensa lainnya berfungsi sebagai viewfinder atau lensa pengamatan.
  • Folding kamera atau kamera lipat, kamera ini memiliki bagian lensa yang dapat dilipat ke bagian dalam kamera, sehingga mampu memberikan tampilan yang praktis pada kamera tersebut.
  • SLR atau yang biasa disebut dengan single lens reflex atau kamera berlensa tunggal, kamera ini banyak digunakan oleh para pembidik gambar profesional, karena dapat digunakan dengan kecepatan shutter dan fokus yang dapat diatur secara manual sesuai dengan insting dari para pembidik gambar.

Beberapa dari kamera yang bekerja secara manual diatas, memang sudah sangat jarang dijual secara umum dipasaran. Namun bagi para penggemar seni fotografi, kamera ini masih dengan senang mereka gunakan, karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh kamera digital. Selain itu hasil bidikan gambar yang natural dan terkesan tidak dibuat-buat pun menjadi alasan bagi pembidik gambar untuk menggunakan kamera ini.

Untuk dapat memperoleh berbagai jenis kamera manual, yang dapat Anda lakukan adalah berburu pada toko-toko khusus yang memang menyediakan penjualan berbagai kamera konvensional. Meskipun toko ini akan sulit dan jarang kita temukan, namun apabila kita mau menggali lebih dalam dan membuka sistem komunikasi dengan sesama penggemar fotografi, maka toko akan mudah untuk kita temukan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *