Mengenal Lebih dalam Apa Itu Landscape Photography

Secara sederhana, landscape photography atau fotografi landscape merupakan fotografi ruang di dunia. Kadang, luas tidak berujung kadang juga berada di area yang terbatas. Bukan hanya di alam namun juga terdapat fitur buatan manusia yang masuk dalam kategori landscape. Sehingga, pada intinya, semua gambar yang berada di luar ruangan yang mempresentasikan pemandangan dapat disebut dengan fotografi landscape.

Pada dasarnya fotografi landscape ini mempunyai 3 style. Pertama, representational. Representational ini sering disebut dengan gaya deskriptif yang lurus. Gambar yang dihasilkan merupakan gambar paling alami serta realistis tanpa melakukan manipulasi visual atau pun manipulasi buatan. Sehingga, apa yang sedang Anda lihat merupakan yang Anda dapatkan. Komposisi serta detail adalah hal yang begitu diunggulkan di dalam style ini, dengan adanya elemen penting yaitu waktu, cahaya serta cuaca.

Jenis landscape photography yang kedua adalah impressional. Beda dengan jenis yang sebelumnya, untuk jenis ini memiliki teknik sehingga gambar yang menarik bisa Anda peroleh. Gambar yang dihasilkan akan kurang nyata, beda dengan gaya yang kita lihat dengan mata. Adanya penggunaan shutter speed yang cukup lambat serta aperture kecil dan efek filter bisa menampilkan kesan yang beda dari aslinya. Tetapi, landscape ini akan cukup menarik.

Terakhir, abstrak. Seperti aliran seni yang lain, abstrak mempunyai arti imajinasi seni yang diolah seniman sehingga bisa terwujud bentuk unik, walaupun kita sering menjumpainya dan tidak dapat mengenalinya. Lantas, bagaimana gambar landscape yang kita buat bisa masuk kategori berhasil?

Berikut ciri landscape photography yang berhasil, antara lain:

  • Bisa bercerita. fotografi landscape harus mempunyai koneksi dengan si penikmat gambar sehingga bisa bercerita pada mereka. Ini memang bukan hal mudah untuk dikuasai karena bisa melibatkan berbagai macam hal seperti penyusunan komposisi, teknik kamera hingga menguasai alat kamera. Waktu yang cukup panjang berada di lokasi juga harus dilakukan. fotografi landscape bukan hanya perkara bisa mengambil gambar pemandangan yang indah dan terekam oleh gambar, namun lebih dari itu, Anda harus membiarkan penikmat merasakan berada di lokasi yang sebenarnya, contohnya angin bertiup dapat diabadikan dengan speed lambat sehingga kesan bergerak akan terekam di dalam gambar Anda,
  • Peralatan fotografi. Jangan salah, peralatan untuk mengambil gambar juga mempengaruhi. Peralatan yang sesuai untuk fotografi landscape tentu seperti kamera yang memiliki sensor full frame bisa lebih bagus karena adanya faktor kualitas dan tidak terdapat crop. Selain itu ada juga lensa wide angle yang di desain khusus untuk mengambil gambar bentang alam yang luas serta leght yang cukup pendek. Lensa ini mempunyai karakter yang memperjauh dan memperpanjang sehingga mempunyai kesan megah atau 3 dimensi yang terlihat.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *