Mengenal Jenis Tas Kamera dan Kegunaannya

Mengenal Jenis Tas Kamera dan Kegunaannya

Kamera DSLR, mirrorless, dan kamera saku merupakan jenis-jenis kamera yang biasa dipergunakan oleh sebagian besar orang. Saat bepergian dan harus membawa kamera untuk suatu kegiatan tentu kita tidak bisa menaruh alat fotografi ini pada tas dengan sembarangan. Perlu tas kamera yang disesuaikan dengan jenis kamera yang dimiliki. Mencari tas untuk kamera yang sesuai memang tidaklah mudah. Sebelum membeli kita harus memperhatikan dari bahan, kualitas, kesesuaian untuk menampung kamera, serta harganya.

 Mengenal Jenis Tas Kamera dan Kegunaannya

Ada beberapa jenis tas untuk kamera yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pouch dan holster.

Jika Anda memiliki kamera saku akan sangat sesuai menggunakan tas berjenis pouch. Tas yang satu ini akan mampu menyimpan kamera saku dengan lebih ringkas. Sedangkan holster sendiri adalah pouch yang berukuran sedikit besar dan penggunaannya ditujukan untuk yang memiliki kamera mirrorless maupun DSLR yang hanya membutuhkan satu lensa yang terpasang pada bodi kamera saat bepergian. Umumnya pouch maupun holster bisa dikaitkan pada sabuk maupun celana sehingga kan memudahkan akses pengambilan kamera jika sewaktu-waktu harus mengabadikan momen yang nampak di depan mata.

  • Messenger bag atau tas selempang.

Tas kamera yang satu ini juga sering dikenal dengan shoulder bag. Tas jenis ini terbilang cukup populer untuk menaruh kamera saat bepergian karena mampu menampung kamera DSLR maupun mirrorless beserta beberapa tambahan lensa dan aksesoris lainnya, seperti charger dan flashgun. Dengan posisi yang menyamping tas ini akan lebih memudahkan saat pengambilan kamera dengan waktu yang cepat.

  • Backpack atau tas ransel.

Dengan adanya backpack atau ransel, para fotografer akan lebih mudah menyusun banyaknya kamera dan peralatannya dalam satu tempat sekaligus. Tas model ini biasanya juga dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk menaruh laptop, sehingga sangat cocok untuk fotografer profesional yang harus bepergian keluar kota untuk membidik objek dan membutuhkan peranan laptop untuk editingnya.

  • Sling bag.

Sling bag bisa menjadi pilihan bagi yang merasa ukuran backpack terlalu besar untuk tampungan kamera dan berbagai perlengkapan kamera yang dimiliki. Mengingat sling bag hanya disangga oleh satu bahu saja, penggunaannya tidak boleh untuk beban yang terlalu berat. Untuk akses mengambil kamera terbilang lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menggunakan ransel. Tinggal menggeser ke arah depan saja.

  • Rolling case atau tas troli.

Tas kamera jenis ini memang tergolong sangat jarang digunakan. Namun jika Anda harus mengambil objek foto di tempat yang cukup ekstrem, tas yang satu ini sangat cocok digunakan terutama yang bertipe hard case. Untuk daya tampungnya terbilang cukup luas. Bahkan jika Anda ingin mengambil objek foto dengan drone, tas yang satu ini bisa menampung drone yang Anda bawa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *