Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kamera DSLR dan Fungsinya

Dalam artikel ini akan diinformasikan secara lengkap jenis-jenis lensa kamera DSLR dan fungsinya yang wajib diketahui oleh para pecinta fotografi terutama para fotografer yang ingin menekuni hobinya menjadi professional.

  • Lensa Kit

Lensa kit atau lensa normal memiliki ukuran 50-55mm. Jika menggunakan lensa ini bisa menghasilkan gambar yang normal atau natural seperti apa yang dilihat oleh mata.

Fungsi lensa kit adalah untuk memetakan citra yang terlihat seperti pespektif pandang normal pada mata manusia. Hal tersebut didapat karena panjang fokus pada lensa sebanding dengan jarak diagonal bidang fokal dengan sudut pandang diagonal yaitu sekitar 53 derajat.

  • Lensa Fixed

Lensa fixed atau lensa tetap sering disebut lensa prime. Istilah prime adalah lawan kata dari zoom. Zadi lensa ini adalah lensa yang memiliki sati focal length panjang atau fokus tunggal. Lensa ini dapat membuat hasil gambar yang lebih tajam.

  • Lensa Fish Eye

Dinamakan lensa fish eye karena mungkin gambar yang dihasilkan jika menggunakan lensa ini seperti pandangan mata ikan. Lensa fish eye merupakan jenis wide angle yang memiliki diameter 14mm, 15mm dan 16mm. Kelebihan lensa ini salah satunya adalah memberikan kepada kita pandangan hingga 180 derajat.

Gambar yang dihasilkan jika menggunakan kamera ini akan sedikit melengkung atau oval dan terlihat gepeng. Bagian sudut lensa lebar dengan sudut pandang hemisoeris yang lebar.

Baca Juga:List harga kamera dslr canon terkini

  • Lensa Ambiguitas

Lensa ambiguitas atau prime lens awalnya mengandung arti lensa utama pada kombinasi sistem lensa. Misalnya ketika lensa digunakan dengan telekonverter maka lensa tersebut disebut prime lens. Artinya prime lens sebagai lensa utama dan teleconverter sebagai komponen tambahan.

  • Lensa Parfokal

Lensa kamera DSLR parfokal adalah lensa yang fungsinya untuk mempertahankan ketajaman bidang fokus walaupun terjadi perubahan panjang fokus pada lensa.

  • Lensa Zoom

Lensa zoom adalah lensa yang pada saat terjadi perubahan panjang fokus tidak bisa mempertahankan bidang fokusnya karnea posisi bidang fokal bergeser. Panjang fokus lensa ini tidak tunggal namun dapat diubah-ubah pada rentang tertentu.

  • Lensa Wide Angle

Lensa ini bisa menangkap objek yang luas walaupun dalam ruang sempit. Ciri khasnya membuat subjek lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Lensa ini bisa digunakan memotret objek yang jumlahnya banyak.

  • Lensa Tele

Lensa tele adalah kebalikan dari lensa wide Angel. Fungsinya untuk mendekatkan subjek yang jauh namun akan mempersempit sudut pandang. Lensa kamera yang memiliki ukuran 70mm ke atas bisa masuk ke dalam jenis lensa tele.

  • Lensa Makro

Lensa kamera DSLR yang terakhir adalah lensa makro. Lensa ini khusus dirancang untuk memotret jarak dekat. Dengan lensa ini memungkinkan mengambil objek yang ukurannya sangat kecil dan terlihat detail.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *