Mengenal Jenis-jenis Lensa Kamera dan Fungsinya

Kamera SLR atau DSLR memang memiliki segudang kelebihan dibandingkan dengan produk kamera biasa, khususnya dalam hal mengabadikan gambar kualitas yang diberikan memang jauh lebih baik dari segi kejernihan dan juga bisa digunakan untuk mengambil gambar menggunakan fokus tertentu. Dengan alasan itulah maka banyak diantaranya yang lebih senang menggunakan produk kamera satu ini dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu jika dilihat dari bagian lensa kamera sendiri juga dapat dipasang dan dicopot secara mudah.

Body kamera ini memang secara khusus bisa dipisahkan dengan bagian lensanya dengan tujuan adalah untuk mempermudah dalam membersihkannya, tak hanya itu alasan yang lainnya juga digunakan untuk mempermudah dalam mengabadikan beberapa jenis gambar tertentu. Misalnya untuk sesuatu yang ukurannya memang sangat kecil aka nantinya bisa mengganti jenis lensa yang digunakan. Tertuju khusus untuk beberapa jenis fotografer yang menganut aliran fotografi tertentu.

Agaknya pecinta fotografi sendiri juga harus tau mengenai jenis-jenis lensa kamera yang ada dan juga fungsi, berikut yang harus diketahui, yaitu:

  1. Lensa fix atau yang lebih dikenal juga dengan nama lensa prime, jenis yang satu ini memiliki ciri khas yaitu ukurannya tak dapat di zoom atau diperbesar, begitu juga ia juga tak dapat untuk diperkecil itulah yang membuatnya dinamakan sebagai lensa fix, namun keunggulannya bisa digunakan untuk merangkum obyek dalam view jendela yang lebih luas dibandingkan dengan lensa biasa.
  2. Lensa zoom, kebalikan dari lensa fix, maka jenis lensa yang satu ini dapat digunakan untuk mengabadikan gambar dengan perpanjangan atau zoom yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang sebenarnya. Produk semacam ini banyak digunakan untuk beberapa orang yang senang membidik fotografi mikro atau sesuatu yang pada dasarnya memang memiliki ukuran sangatlah kecil.
  3. Lensa wide, sesuai dengan namanya maka jenis lensa yang satu ini dapat mencangkup sudut yang sangat lebar ketika digunakan untuk mengabadikan gambar, yaitu bisa memuat view yang jauh lebih luas dan juga banyak di dalam satu frame kamera.
  4. Lensa tele dan juga makro, jenis fotografi juga ada yang ditujukan untuk kebutuhan melihat obyek yang sangat jauh atau ukurannya sangatlah kecil sehingga tak bisa diambil gambarnya jika hanya mengandalkan lensa biasa. Untuk urusan ini maka lensa tele dan juga makro adalah pilihan yang tepat karena memiliki konstruksi panjang dan juga pendek sangat tinggi dibandingkan dengan lensa pada umumnya.

Pilah-pilih lensa kamera ini sangat penting untuk mendapatkan hasil gambar yang sesuai dengan kebutuhan, namun lensa ini nyatanya juga menjadi bagian dari produk kamera yang harganya bisa jauh lebih mahal dibandingkan dengan body yang dimiliki.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *