Mengenal Definisi Kamera Analog

Kamera analog adalah kamera yang menggunakan media rekaman semakin berubah, yang dapat berupa proses kimia berdasarkan (misalnya, film fotografi atau piring) atau elektronik (misalnya, vidicon atau CCD sensor). Selama lebih dari seratus tahun, ini adalah satu-satunya jenis. fotografi analog telah datang berarti sesuatu yang “tidak digital” meskipun beberapa kontroversi atas pertanyaan apakah penggunaan film adalah proses analog benar.

Dalam kamera analog, film menggunakan proses gelatin-silver, cahaya yang jatuh pada emulsi fotografi yang mengandung halida perak tercatat sebagai gambar laten. Gambar laten dikenakan pengolahan fotografi, yang membuatnya terlihat dan tidak sensitif terhadap cahaya.

Dalam kamera video atau kamera digital lainnya, sinyal ditangkap dengan tabung kamera video atau  ditambah sensor perangkat, perangkat analog yang mengirimkan gambar untuk didigitalkan dan diproses oleh elektronik kamera. sinyal dapat ditransmisikan atau direkam pada perangkat penyimpanan untuk pemutaran nanti.

Kamera analog sering digunakan sebagai judul bagi mereka yang tertarik untuk bekerja dengan, atau bekerja dengan jenis yang lebih tradisional dari fotografi; komunitas online yang didedikasikan telah didirikan di mana seperti individu atau bersama-sama berbagi dan mengeksplorasi praktik fotografi secara analog. fotografi secara analog ini telah menjadi jauh lebih populer dengan generasi muda yang telah menjadi semakin tertarik pada praktik fotografi tradisional; penjualan kamera berbasis film mulai melambung saat ini , dan para anak-anak zaman sekarang telah terlihat lebih memilih dan menyukai beberapa teknologi abad ke-19. Semakin pesatnya teknologi, memang tak bisa dipungkiri banyak kamera-kamera modern yang bermunculan dengan kualitas digital, cepat dan mudah.

Polaroid pernah menjadi kekuatan dalam fotografi instan analog. Menghadapi revolusi digital, Polaroid menghentikan produksi film instan analog pada tahun 2008. Sebuah perusahaan bernama Imposibel Proyek membuat mesin produksi Polaroid untuk memproduksi film instan baru untuk kamera Polaroid vintage dan untuk menghidupkan kembali teknik fotografi analog Polaroid. Dan bagi para pencinta fotografi analog tentu hal tersebut sangatlah menggembirakan. Karena tentunya mereka akan mengeksplor dan lebih kreatif.

Film hitam putih masih diproduksi pada tahun 2013, meliputi:

   Adox CHS 100

   Adox CHS 25

   Adox CMS 100

   Adox Silvermax

   Film Washi “W” 25

   FOMA FOMAPAN 100 Klasik [3]

   FOMA FOMAPAN 200 Creative

   FOMA FOMAPAN 400 Action

   FOMA FOMAPAN R 100

   FOMA RETROPAN 320 lembut

   FujiFilm Neopan Acros 100

   Ilford Pan F Ditambah 50

   Ilford HP5 Ditambah 400

   Ilford FP4 Ditambah 125

   Ilford Delta 100

   Ilford Delta 400

   Ilford Delta 3200

   Ilford XP2 super

   Ilford SFX 200

   Kentmere 400

   Kodak TMX 100

   Kodak TMY-2 400

   Kodak TRX 400

   ORWO UN 54 [4]

   ORWO N 74

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *