Mengenal Cara Perawatan Kamera DSLR yang Benar

Saat ini perkembangan teknologi pemotretan semakin canggih yang terbukti dengan banyaknya spesifikasi dan fitur yang ada pada kamera keluaran terbaru yang semakin lengkap dan modern. Harga untuk kamera DLSR sendiri biasanya juga cukup tinggi yang biasa dibanderol termurah adalah 3 jutaan dan termahal bisa sampai puluhan juta rupiah. Mengingat mahalnya harga kamera yang harus Anda bayarkan, maka ada baiknya jika perawatan kamera juga harus secara maksimal sehingga kamera bisa memiliki performa bagus dan tahan lama.

Perlu diketahui jika sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah yang tropis dengan tingkat kelembaban tinggi. Hal ini kerap menjadi pemicu pada komponen pada kamera DSLR yang Anda miliki. Salah satunya adalah dengan adanya kerusakan terhadap komponen elektronik dan juga sensor pada kamera, ditambah lagi dengan kemungkinan adanya jamur yang datang untuk sehingga Anda butuh dana untuk bisa membersihkan jamur tersebut ke service center.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips perawatan kamera yang perlu Anda ketahui

  • Yang pertama adalah sebisa mungkin untuk menjauhkan kamera dari air dan tempat basah karena memungkinkan untuk timbulnya kelembaban di dalam kamera yang berpotensi merusak bagian komponen pada kameranya. Namun beda halnya jika kamera yang Anda miliki anti air karena bisa digunakan dengan lebih bebas.
  • Matikan kamera dengan segera sebelum Anda mengeluarkan baterai atau kartu memori. Selain itu jika Anda ingin menghubungkan kamera ke laptop atau komputer, maka matikan jual kamera sehingga bisa lebih menyiapkan komputerisasi di dalam kameranya.
  • Alangkah lebih baik jika tidak meninggalkan kamera dalam mobil pada jangka waktu lama, terlebih jika mobil terkena panas matahari secara langsung karena suhu panas dalam mobil bisa melebihi rentang yang dikuasai kamera.
  • Hindari juga meletakkan kamera di dalam lemari yang memiliki kapur barus karena bisa merusak di bagian sirkuit elektroniknya.
  • Pasang strap kamera jika Anda hendak melakukan pemotretan demi meminimalisir jatuhnya kamera secara tidak sengaja.
  • Ketika Anda melakukan pemotretan untuk daerah pantai, usahakan untuk segera membersihkan kamera karena ditakutkan ada sisa garam yang bisa menempel di bagian body kamera atau lensanya karena bisa menyebabkan korosif pada lensa maupun body kamera.
  • Usahakan untuk selalu menyimpan atau menggunakan kamera pada tempat yang kering dan tidak terkena dengan cahaya matahari secara langsung.
  • Apabila Anda menyimpan kamera, maka hindarkan juga dari berbagai benda yang bisa memiliki arus magnet karena dapat mempengaruhi bagian sirkuit elektronik kamera.

Itulah beberapa tips sederhana dalam perawatan kamera DSLR yang Anda miliki. Usahakan untuk menyimpan kamera dengan baik di dalam box khusus sehingga bisa lebih terjaga.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *