Home Aksesoris Kamera Mengapa Harga Kamera DSLR Mahal? Berikut Jawabannya

Mengapa Harga Kamera DSLR Mahal? Berikut Jawabannya

by Caswitin
harga kamera dslr

Banyak yang mengatakan bahwa harga kamera dslr mahal. Terlepas adanya anggapan mahal tidaknya harga sebuah barang tergantung dari kondisi keuangan seseorang, memang harus diakui bahwa harga kamera dengan sistem dslr memang lebih mahal dibandingkan kamera digital lain.

Sebelum membahas mengenai faktor-faktor yang bisa menyebabkan harga kamera dslr mahal, terlebih dahulu kamu harus tahu mengenai sistem pada kamera dslr. Kamera dslr atau singkatan dari Digital Single Lens Reflex adalah sebuah kamera yang bekerja penuh sejak ketika capture obyek foto yang dilakukan oleh Image Sensor hingga sistem penulisan pada memory card.

Jika kamera SLR menggunakan roll film untuk meyimpan hasil foto, maka DSLR menggunakan sistem digital agar semua sistem menjadi lebih mudah. Tidak seperti kamera SLR yang gambarnya bisa dilihat setelah proses cuci cetak, kamera digital bisa langsung dilihat hasilnya melalui layar digital. Inilah salah satu hal yang mengebabkan harga kamera dslr lebih mahal.
Selain alasan gambar, Kira-kira hal apa lagi yang menyebabkan mahalnya harga kamera dslr? Berikut jawabannya :

harga kamera dslr

harga kamera dslr

1. Jika dilihat dalam hal lensa, kamera dslr lebih fleksibel dalam hal pertukaran lensa. Mengapa demikian? Karena kamera dslr lensa bisa kamu sesuaikan dengan objek dan kualitas hasil seperti yang kamu inginkan.

2. Alasan lain mengapa harga kamera dslr lebih mahal karena kualitas gambar yang lebih jernih dan menarik karena kepekaan cahaya yang sangat tinggi. Berbeda dengan kamera slr yang tingkat kepekaan terhadap cahayanya sangat rendah sehingga gambar yang dihasilkan kurang begitu jernih.

3. Dalam hal kecepatan, autofokus, kapsitas memori, penundaan rana, serta kecepatan respon saat pengambilan gambar yang berkesinambungan, kinerja kamera dslr jauh lebih baik dibandingkan dengan kamera slr. Wajar jika harga kamera dslr untuk pemula lebih mahal. Kerena selain beberapa hal di atas, kamera dslr dilengkapi juga dengan banyak tombol fungsi yang bisa membantu bagi pemula. Tidak hanya satu tombol untuk membidik gambar saja.

Baca Juga:   Harga Kamera PENTAX Terbaru

4. Untuk kamu yang menyukai aksesoris kamera, kamera dslr juga mudah untuk diupgrade dengan berbagai akseaoris yang mendukung. Seperti pemancar nirkabel, kilatan yang cukup kuat yang bisa diandalkan dan mudah dioperasikan dengan seperangkat remote. Maka wajar. Dengan berbagai kemudahaan memasang aksesiris pendukung yang akan membuat hasil jepretanmu lebih baik ini, harga kamera dslr jadi lebih mahal.
Itulah alasan mengapa harga kamera dslr lebih mahal dibandingkan dengan kamera slr. Tapi ingakt! Jika kamu masih pemula dalam hal fotografi, menggunakan kamera dslr mungkin akan sedikit merepotkan. Diperlukan pengetahuan yang lebih baik untuk bisa memahami beberapa tombol yang ada.

harga kamera dslr

harga kamera dslr

Sekilas tombol-tombol ini memang agak membingungkan dan merepotkan. Namun seriring dengan seringnya kamu menggunakan kamera ini, maka akan semakin paham dan mahir dengan aneka tombol tersebut. Justru semakin lama kamu akan merasakan bahwa tombol-tombol tersebut tidak lagi merepotkan. Tapi akan sangat membantu.

Banyaknya ragam fitur pada kamera dslr membuat calon pembeli, terutama pemula, menjadi bingung untuk menentukan pilihan. Jika kamu salah satunya, cobalah untuk mempelajari lebih lanjut. Jangan terpacu pada merk tertantu atau sejumlah harga. Karena kualitas dan fiturnya rata-rata hampir sama.

Demikian ulasan singkat mengenai faktor-faktor yang menyebabkan harga kamera digital menjadi lebih mahal. Buat kamu yang berkantong dangkal, pantau terus beberapa artikel kami selanjutnya. Akan ada reverensi harga kamera dslr murah di bawah 3 juta yang bisa kamu dapatkan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More