Memiliki Kamera CCTV di Rumah, Pastikan untuk Merawatnya Agar Tahan Lama

Memiliki Kamera CCTV di Rumah, Pastikan untuk Merawatnya Agar Tahan Lama  

Saat ini keamanan di Indonesia memang tidaklah terlalu baik seperti beberapa negara luar. Sekarang ini, meski sudah dijaga dengan baik, pasti masih bisa terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya seperti terjadi kecurian atau pun perampokan di rumah atau toko sekarang ini masih menjadi kejahatan yang paling sering terjadi di Indonesia. Untuk itu, tidak heran jika sekarang ini beberapa rumah besar yang ada di perkotaan seperti Jakarta mulai memperketat keamanan tempat tinggal mereka dengan menggunakan kamera CCTV yang berfungsi untuk memantau keadaan sekitar kediaman Anda, dan meski ada hal tak baik terjadi pun masih dapat terlacak. Oleh karena itu, akan sangat penting jika kamera ini selalu menyala dan tidak pernah rusak. Maka, Anda pun harus merawatnya dengan baik dan juga benar, yakni:

 

Menjaga Kebersihan

Jika Anda sangat jarang membersihkan suatu alat elektronik, sudah dapat dipastikan bahwa alat tersebut akan mudah rusak. Lebih baik jika Anda ingin kamera pemantau tersebut tahan lama, maka Anda harus membersihkannya beberapa waktu sekali secara rutin. Dengan ini, pastinya kamera tersebut akan jauh lebih awet dan bisa Anda gunakan untuk waktu yang cukup lama. Selain itu, pastinya hal ini akan meminimalisir kerusakan juga yang terjadi pada alat elektronik yang satu ini.

 Memiliki Kamera CCTV di Rumah, Pastikan untuk Merawatnya Agar Tahan Lama

Pengaturan Rekaman

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan pengaturan mode yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam. Hal ini harus Anda atur beberapa waktu sekali untuk menjaga agar kualitas gambar yang direkam atau dihasilkan kamera tersebut masih berkualitas dan dapat Anda gunakan dengan baik. Jika gambar kurang bagus, pastinya ketika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi maka Anda pun akan mengalami kesulitan dalam beberapa hal. Lebih baik melakukannya secara berkala.

 

Perhatikan Komponennya

Hal selanjutnya yang juga sangat berpengaruh untuk kelangsungan dari kamera pemantau tersebut adalah dengan mengecek semua komponen yang ada pada kamera tersebut. Perhatikan juga kabel dan juga koneksinya, jangan sampai hal tersebut membuat rekaman CCTV menjadi tidak jelas. Hal ini juga dapat meminimalisir adanya kerusakan yang terjadi pada alat elektronik yang satu ini. Anda pun alhasil tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk servis atau membeli yang baru lagi.

 

Backup Rekaman

Jika Anda sudah melakukan beberapa hal di atas, untuk membuat Anda tidak merasa menyesal mau pun kesal ketika kamera CCTV Anda rusak, maka lebih baik untuk selalu membuat backup atau salinan dari setiap rekaman dari kamera tersebut. Untuk tidak memenuhi memorinya, lebih baik Anda memilah jenis video yang penting saja dan menghapus beberapa yang menurut Anda tidak begitu penting untuk disimpan. Namun jangan percayakan hal ini pada orang lain, cukup Anda saja.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *