Macam-macam Pilihan Filter yang Bisa Dipasang di Lensa Kamera

Kamera terutama kamera besar yang bisa digunakan untuk hasil yang profesional disebut dengan kamera DSLR atau SLR. Akan tetapi sekarang ini juga ada jenis kamera profesional dengan bentuk yang lebih simple dan juga ukuran yang lebih kecil yaitu kamera mirrorless. Dari semua jenis kamera tersebut ada satu komponen yang tidak bisa ditinggalkan yaitu lensa kamera.

Lensa tersebut mempunyai banyak sekali pilihan yang bisa dipilih. Beberapa cara untuk memilih lensa kamera tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memilih lensa berdasarkan ukurannya yaitu dengan memilih ukuran lensa yang sesuai dengan jenis kamera yang akan digunakan. Pilihlah lensa yang tepat agar dapat menggunakan lensa tersebut sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan.
  • Memilih lensa berdasarkan merek yang ada sehingga akan menentukan harga dari lensa tersebut. Biasanya setiap merek akan mempunyai kualitas lensa yang berbeda sehingga Anda bisa membeli lensa yang dibutuhkan sesuai kebutuhan.
  • Membeli lensa berdasarkan harganya dipasaran baik yang murah maupun mahal.
  • Memilih lensa berdasarkan fitur yang ada pada lensa tersebut.

Salah satu fgsi lensa kamera tersebut adalah dapat untuk memilih hasil foto yang akan didapatkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan filter kamera yang bisa dipasangkan melalui lensa tersebut. Filter tersebut bisa dipasangkan pada bagian depan lensa yang ada pada kamera terutama untuk jenis kamera DSLR dan juga kamera mirrorless. Walaupun sebenarnya apabila tidak menggunakan filter, hasil kamera juga sudah bagus. Tetapi apabila menggunakan filter foto tersebut maka hasil dari foto akan mempunyai banyak efek yang berbeda. Sehingga apabila ingin menambah keindahan hasil gambar yang diambil kamera maka sebaiknya gunakan filter yang bisa dipilih dari jenisnya dan dipasang di lensa bagian depan.

Misalnya untuk pilihan filter dan efek yang akan ditimbulkan adalah sebagai berikut ini

  • Filter clear yaitu jenis filter yang bisa digunakan untuk membuat gambar tidak berubah warna. Filter ini digunakan untuk dapat melindungi gambar agar tidak terganggu karena adanya debu pada lensa, atau karena ada airnya atau sidik jari.
  • Filter UV untuk dapat membuat gambar tetap fokus saat terang.
  • Filter Infra red adalah filter untuk menghasilkan gambar yang berbeda.
  • Filter close up untuk dapat membuat gambar makro.
  • Filter ND untuk dapat menurunkan intensitas cahaya lensa.
  • Filter gradual ND untuk dapat mengurangi sebagian intensitas cahaya.

Di atas merupakan beberapa contoh filter yang bisa dipasang di lensa kamera. Selain jenis filter tersebut tentu saja banyak filter lain yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan tujuannya. Untuk harga filter sendiri masih terjangkau daripada apabila dibandingkan dengan harga lensanya sendiri. Sehingga Anda yang merupakan pecinta fotografi bisa mengoleksi filter tersebut untuk mendapatkan berbagai gambar yang berbeda pada objek.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *