Lakukan Cara Ini Agar Baterai Kamera Kamu Tidak Boros

Baterai kamera memang memiliki peran penting, jika diibaratkan bisa seperti udara atau oksigen yang dihirup manusia, akan tetapi apabila manusia tidak menghirup oksigen, tentu manusia akan mati. Begitu pula hubungannya antara baterai dengan kameranya yang memiliki keterikatan yang sangat kuat. Sehingga apabila kamu pergi ke suatu tempat yang tidak memiliki saluran listrik, tentu hal ini akan membuat kamu merasa kebingungan sedangkan baterai pada kamera kamu membutuhkan daya.

Apabila kamu berada di posisi seperti itu, yang mana ketika pergi secara dadakan sedangkan kamera belum sempat untuk kamu charge, maka ada solusi yang dapat kamu lakukan untuk dapat menghemat baterai pada kamera agar tetap awet agar dapat memotret setiap moment-moment penting yang akan kamu lakukan, antara lain:

  • Matikan auto focus dan gunakanlah manual focus saja.

Setiap jenis kamera akan memiliki fitur yang berbeda namun juga akan memiliki cara yang sama. Untuk menghemat baterai pada kamera kamu, maka lakukan cara yang pertama ini.

  • Nyalakan layar LCD sedikit mungkin.

Ukuran pada LCD kamera kisaran 3 inch, sehingga membutuhkan energi listrik untuk menyalakannya.

  • Matikan vibration reduction atau stabilizer.

Dengan mematikan VR/IS maka akan memperpanjang konsumsi pada baterai.

Baca Juga: Simak 4 Tips Berikut Agar Daya Baterai Kamera Lebih Hemat

  • Kurangi flash dan naikkan ISO.

Flash dan built akan memboroskan kamera, dengan begitu lakukan cara ini.

  • Matikan sensor cleaning.

Matikan sensor cleaning yang ada dalam kamera sehingga setiap kali kamera dinyalakan atau dimatikan akan menghemat baterai

  • Matikan auto review.

Matikan fitur ini, Anda dapat membaca panduan bukunya untuk mematikan fitur ini

Selain dalam hal menjaga kehematan baterai, adapun hal-hal yang wajib kamu ketahui perihal merawat baterai kamera dengan cara yang benar dan tepat

  1. Hindari over change atau pengisian baterai yang terlalu lama. Baterai hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 4 jam untuk penuh. Apabila melakukan pengisian dengan waktu yang cukup lama akan mengurangi umur baterai.
  2. Hindari tempat dingin dan panas yang berlebihan.
  3. Gunakanlah charger baterai yang asli atau original.
  4. Isi daya baterai segera ketika baterai telah menunjukan 20 persen.

Baterai pada kamera termasuk pada elemen yang sangat penting untuk diperhatikan serta haruslah dijaga agar memiliki umur yang cukup lama. Sehingga dengan adanya perawatan yang baik dan tepat akan menjadikan umur baterai panjang, yang mana kamu tidak perlu menggantikan baterai dengan yang baru lagi. cara melakukan perawatan baterai kamera pun juga terbilang cukup mudah asalkan kamu mampu melakukan penyimpanan kamera dengan cara yang benar dan tepat. Maka akan menghemat budget pengeluaran kamu.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *