Kiat Perawatan Lensa Kamera Agar Terhindar dari Jamur

Memiliki sebuah kamera tidak akan terlepas dari aksesorisnya yaitu lensa kamera yang mana dalam hal ini lensa pada kamera sangat membutuhkan suatu perawatan khusus agar lensa pada kamera mampu bertahan lama dan tanpa diserang oleh jamur. Masalah seperti sering dialami hampir seluruh pemilik kamera. Munculnya jamur disebabkan oleh beberapa faktor yang mana perihal perawatan sang pemilik tidak mengerti betul cara yang dilakukan akan kamera terhindar dari jamur yang akan menyebabkan lensa pada kamera kamu tidak mampu bertahan dengan lama, serta tidak dapat memberikan hasil potretan yang maksimal.

Jamur pada lensa biasanya akan terlihat dengan cirri-ciri ada tumbuhnya bercak-bercak ataupun kotoran yang menyerupai jamur baik itu jamur kecil ataupun besar termasuk pada jamur yang menyerupai kabut hingga tingkat terparah. Apabila hal ini terjadi pada kamera kamu, maka kamera akan susah mengambil focus, gambar akan menjadi blur, hingga ketika membidik dengan diafragma (F) kecil maka akan terdapat noda yang menjadikan gambar menjadi tidak maksimal.

Pada bagian lensa kamera memiliki peran yang sangat penting yang mana pada bagian inilah yang nantinya akan menangkap cahaya yang masuk kemudian akan diproses oleh prosessor yang terdapat di body kamera yang nantinya akan menghasilkan gambar yang berkualitas. Sedangkan untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus pun diperlukan metode dan perawatan khusus pada setiap harinya.

Adapun langkah yang dapat untuk kamu lakukan agar lensa pada kamera kamu tidak diserang oleh jamur:

  • Jagalah kebersihan.

Hindari penggantian lensa di tempat yang kotor dan berdebu.

  • Jangan menyentuh lensa.

Jangan lakukan sentuhan secara langsung pada lensa karena sentuhan tersebut akan meninggalkan bekas yang akan menimbulkan jamur apabila tidak segera dibersihkan.

Baca Juga: Macam-macam Pilihan Filter yang Bisa Dipasang di Lensa Kamera

  • Siapkan peralatan yang lengkap.

Ketika kamu berada di tempat yang memiliki suhu berbeda, misalnya pantai yang udaranya panas, puncak yang suhunya dingin, maka persiapkan tas khusus kamera serta sarung anti hujan.

  • Gunakan kain khusus.

Ketika kamu ingin membersihkan lensa haruslah menggunakan kain khusus, jangan gunakan tisu karena dapat menyebabkan baret halus pada permukaan lensa.

  • Pasang penutup.

Ketika lensa tidak digunakan, maka tutup dengan caps.

  • Matikan tombol Af dan Vr

Gunanya agar tidak merusak kinerja motorik dalam lensa.

Membeli kamera yang bisa di bilang cukup mahal memang sangat disayangkan apabila kamera mengalami kerusakan, terlebih lagi jika kerusakan terdapat pada lensa kamera tentu hal ini menjadikan kamera mahal mu menghasilkan gambar yang tidak sekeren kameranya, oleh sebab itu, lakukan perawatan sebaik mungkin agar kamera yang Anda miliki mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *