Keuntungan Membidik Gambar dengan Menggunakan Monopod Kamera

Monopod adalah alat bantu atau penyangga yang biasa digunakan oleh seorang pembidik gambar, ketika hendak mengambil angle gambar yang memang memerlukan ketajaman gambar tertentu ataupun pencahayaan yang lebih. Dengan menggunakan monopod kamera, seorang pembidik gambar, dapat menghasilkan gambar bidikan yang lebih tajam, dengan pencahayaan yang lebih terang. Monopod ini merupakan tiang penyangga berkaki satu, yang tidak hanya dapat digunakan untuk mengambil dan membidik gambar, namun juga dapat digunakan untuk membantu perekaman gambar, sehingga hasil rekaman mampu memiliki kualitas yang stabil dan tinggi.

Alat penyangga ini, secara garis besar memiliki fungsi yang hampir sama dengan sebuah tongsis atau tongkat penyangga smartphone lainnya. Yang membedakan antara monopod dengan tongsis adalah media atau alat pengambilan gambar atau kamera yang ditempatkan pada penyangga tersebut. Pada umumnya monopod, lebih banyak digunakan oleh mereka yang menggunakan kamera jenis digital DSLR ataupun kamera lainnya.

Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh monopod kamera, jika digunakan sebagai penyangga kamera pada saat pembidikan sebuah gambar, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Tips Membeli Monopod Kamera yang Bisa Anda Terapkan

  • Dapat dipergunakan untuk membantu mengambil gambar dalam pencahayaan yang lebih jelas.
  • Memiliki timbangan yang ringan sehingga tidak menambah beban pada pengguna kamera, jika menggunakan penyangga berkaki satu ini.
  • Dapat digunakan untuk pengambilan gambar selfie, karena mampu mendukung berbagai angle dalam pengambilan gambar.
  • Jika dipadukan dengan chestpod, maka monopod dapat berfungsi sebagai penyangga kamera, yang dapat diletakkan pada dada pembidik gambar, sehingga mampu menghasilkan bidikan gambar yang lebih tajam.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh monopod adalah terletak pada kepala monopod, dimana kepala ini dapat diganti dengan berbagai model yang banyak beredar dipasaran, sesuai dengan bentuk kamera yang Anda gunakan. Bahkan untuk seri terbaru dari monopod sendiri, kini telah dibesut dalam model yang mendukung penempatan kamera mini atau kamera smartphone dari para penggunanya. Fungsi dari monopod yang dapat digunakan sesuai dengan situasi keberadaan para penggunanya inilah, yang kemudian menjadikan alat bantu pengambilan gambar ini makin banyak digemari oleh para penghobi fotografi.

Untuk mendapatkan hasil bidikan dan rekaman gambar dengan kualitas yang tinggi, Anda dapat memilih monopod kamera yang sesuai dengan bentuk kamera yang Anda miliki. Pastikan bahwa monopod yang Anda beli memiliki kualitas bahan pembuatan yang bagus, sehingga mampu bertahan lama serta dapat digunakan secara optimal. Perawatan dan penyimpanan monopod dengan tepat juga perlu Anda perhatikan, agar nantinya monopod tidak menjadi berkarat dan rusak secara sia-sia. Berhati-hatilah dalam memasang dan melepas kamera pada kepala monopod, karena bagian ini merupakan bagian yang paling rawan terjadi kerusakan. Oleh karena itulah gunakan teknik yang benar dalam memasang dan melepas kamera pada kepala monopod.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *