Ketahui Kelebihan yang Dimiliki Oleh Kamera Manual

Kamera manual atau biasa disebut dengan kamera analog memang kini sudah tergusur dengan kamera teknologi baru seperti kamera mirrorless atau DSLR. Banyak sekali yang menganggap jika kamera analog merupakan kamera yang tidak praktis serta butuh banyak biaya dalam perawatannya. Kamera analog sendiri merupakan kamera yang teknik pengambilan gambarnya masih memakai film seluloid yang memiliki 3 elemen yaitu elemen kimia, elemen optik dan elemen mekanik.

Meski memang pada penggunaan kamera analog penggunanya akan lebih repot dalam proses pencetakan fotonya karena harus mengolah film dari hasil foto menjadi cetakan. Hal ini berbeda dengan menggunakan kamera digital karena bisa langsung dilihat hasilnya. Meski memang merepotkan, namun ketahui beberapa kelebihan dari kamera manual berikut ini:

  • Resolusi besar

Salah satu kelebihan dari kamera analog adalah dari segi resolusi yang mencolok. Pada kamera digital, Anda akan dibatasi dengan besaran dari resolusi foto yang ada sehingga apabila foto dicetak lebih dari pixel resolusi, maka foto akan pecah. Hal ini sangat berbeda dengan kamera analog yang dapat mencetak foto sampai ukuran besar seperti ukuran dinding rumah.

  • Tidak harus memakai baterai

Kendala ketika memotret yang paling kerap ditemui adalah ketika baterai yang Anda gunakan habis. Hal ini tentu tidak akan menjadi masalah jika Anda memakai kamera analog karena baterai yang ada di kamera analog hanya dipakai ketika menjalankan exposure dan light meter sehingga akan sangat awet.

Baca Juga: Kamera Mirrorless yang Bisa Menjadi Pilihan

  • Komponen kamera tahan banting

Berbeda halnya dengan kamera digital yang memiliki komponen elektronik yang lebih sensitif sehingga tak heran jika banyak sekali kasus kamera digital akan rusak hanya lantaran terkena air atau terjatuh. Namun kamera analog lebih kuat dan tahan banting sehingga akan tahan lama serta selalu awet dipakai.

  • Tidak ada noise di foto

Noise kerap didefinisikan menjadi pixel yang tidak pada tempatnya sehingga dalam fotografi noise kerap menjadi pengganggu kebersihan gambarnya. Namun perlu diketahui jika noise tidak ada di dalam kamera analog karena tidak adanya sistem pixel di kamera ini.

  • Warna vivid

Kelebihan selanjutnya adalah pada warna yang dihasilkan oleh kamera ini dimana menghasilkan warna lebih vivid. Vivid merupakan istilah yang kerap diartikan sebagai warna cerah dan mencolok sehingga sangat eye catching. Hal ini lantaran film di dalam kamera analog ini mampu menangkap sinar dari obyek secara apa adanya.

Itulah beberapa kelebihan dari kamera manual. Meski memang dapat diakui jika kamera ini agak ribet dalam pemakaiannya, namun sepadan dengan kualitas yang dimilikinya. Tidak ada salahnya untuk melestarikan kamera ini karena kamera ini juga merupakan awal dari kamera digital saat ini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *