Ketahui Keistimewaan yang Ada Pada Lensa Kamera Kit

Di zaman serba sosial media ini, kamera memiliki peran penting dalam eksistensi banyak orang di dunia maya. Dengan adanya jejaring sosial media, maka tentunya pemilik akun memiliki tempat untuk membagikan foto yang sudah dipotretnya. Kamera pun sudah tersedia dengan ragam jenisnya yang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun semakin mahal kamera, maka kelemahannya semakin dapat tertutupi dan mampu menghasilkan foto maksimal. Jika membicarakan kamera maka tidak bisa dilepaskan dari adanya lensa kamera yang memiliki peran amat penting.

Lensa untuk kamera sendiri ada yang satu paket dengan kamera yaitu lensa kit dan ada juga lensa yang dijual secara terpisah. Namun banyak sekali pengguna kamera yang justru kerapkali menyepelekan adanya lensa kit karena berbagai alasan. Memang dapat diakui jika lensa kit memiliki tampilan yang kurang menarik dimana materialnya relatif ringkih dan berbahan plastik. Selain itu spesifikasinya kurang membanggakan sehingga banyak penggunanya yang menyepelekan fungsi dari lensa kit ini. Namun di balik semua itu, lensa kit adalah lensa kamera yang paling tepat bagi mereka yang pemula dalam hal fotografi.

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki lensa kit:

  • Memiliki 4 panjang focal klasik dalam 1 lensanya

Meski terlihat lemah, namun lensa kit ini memiliki 4 panjang focal klasik di dalamnya yang berarti bahwa lensa ini mampu menggantikan 4 lensa prime atau fixed sekaligus. Empat panjang ini adalah 28 mm untuk wide angle, 35 mm untuk medium wide, 50 mm untuk normal dan 85 mm untuk portrait. Meski memang dapat diakui jika lensa kit tidak mampu memberikan bukaan luar biasa, namun setidaknya pengguna bisa mendapatkan 4 manfaat sekaligus.

  • Kecil dan ringan

Umumnya lensa kit ini paling sering dijual satu paket dengan kamera APSC yaitu lensa 18-55 mm. Meski memang lensa ini terlihat polos, namun lensa ini juga ringan dan mungil sehingga bobot ini mampu memudahkan pengguna ketika membawanya kemana-mana karena ringan.

  • Filter lebih murah

Selanjutnya fitur lensa kit masih berguna meskipun kehidupan ada di era digital. Perlu diketahui jika makin besar diameter lensa, maka filter pun semakin mahal harganya. Hal ini tentu tidak berlaku untuk lensa kit yang memiliki ukuran tidak terlalu besar sehingga membutuhkan ukuran filter yang juga kecil dan tentunya murah.

Itulah beberapa kelebihan yang ada pada lensa kit. Untuk itu, jangan pernah meremehkan lensa kamera ini. Lensa ini cukup bisa diandalkan dalam berbagai kondisi pemotretan. Bagi pemula di bidang fotografi, ada baiknya mengasah kemampuan dulu dengan lensa kit ini sebelum berencana mengganti dengan lensa lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *