Kenali Rekomendasi Setting untuk Mirrorless Kamera Baru

Memiliki mirrorless kamera yang baru tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Anda, apalagi bagi Anda yang sudah susah payah menabung demi bisa memiliki kamera ini. Namun kegembiraan tersebut akan begitu saja sirna ketika Anda melihat banyaknya tombol serta roda kontrol yang ada pada kamera tersebut untuk pemakaiannya. Kebahagiaan memiliki kamera tersebut ternyata tak berselang lama jika memang Anda merupakan pemula sehingga patut untuk mengetahui lebih dalam terkait apa saja yang ada di dalam kamera baru milik Anda.

Daripada terus bingung, maka ada baiknya mengikuti beberapa rekomendasi setting untuk mirrorless kamera yang baru Anda miliki berikut ini:

  • Kartu memori

Setelah membuka kemasan dari kamera tersebut, Anda bisa langsung memasukkan kartu memori ke kamera tersebut. Format dari kartu memori sehingga bisa bekerja dengan manajemen file yang ditentukan sehingga bisa berjalan secara beriringan. Anda bisa masuk ke menu utama lalu cari perintah format

  • Menentukan ukuran dan kualitas gambar

Karena kamera yang Anda miliki saat ini cukup canggih, maka ada baiknya untuk memanfaatkan secara maksimal sehingga bisa menghasilkan foto yang berkualitas baik. Anda bisa memakai format JPEG berkualitas tertinggi dengan ukuran Large. Namun apabila tertarik menggunakan format Raw, maka Anda bisa menyimpan informasi lebih banyak lagi, namun pastikan agar komputer atau laptop yang Anda pakai juga memiliki spesifikasi untuk membaca file RAW dan mengkonversinya.

Baca Juga: Mirrorless Kamera Terbaik

  • ISO

Pengaturan ISO pada kamera ini nantinya akan menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh kamera dalam memproduksi gambar. ISO yang tinggi misalnya 6400 bisa berguna ketika Anda memotret di tempat yang memiliki cahaya minim. Sementara untuk ISO rendah sekitar 100 sampai 200 maka bisa menghasilkan foto tanpa bintik dan jernih namun beresiko blur ketika di dalam ruangan. Direkomendasikan untuk penggunaan awal, maka bisa memilih Auto.

  • White balance

Selanjutnya adalah pengaturan untuk white balance dimana akan mempengaruhi pada tingkat akurasi foto nantinya. Jika Anda menggunakan white balance tidak tepat, maka akan beresiko pada warna kulit atau warna baju yang tampak tidak tepat juga dan aneh. Namun kamera ini telah cukup canggih dalam pengaturannya sehingga Anda bisa memilih Auto sehingga tidak meleset.

  • Fokus

Lensa pada kamera secara umum bisa dipakai dalam pencarian fokus secara otomatis dalam menu autofocus di kamera atau bisa juga dengan memutar di bagian fokus cincin lensanya. Untuk tahap awal, maka bisa memanfaatkan sistem autofokus kamera dengan single AF.

Itulah beberapa pengaturan yang bisa Anda manfaatkan untuk mirrorless kamera baru yang Anda miliki sehingga mampu menghasilkan foto yang lebih maksimal. selamat mencoba.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *