Kelebihan Monopod Kamera Dan Perbedaannya Dengan Tripod

Bagi para traveling atau yang suka membuat video pasti tidak asing dengan benda yang satu ini. Bisa dikatakan, monopod merupakan peralatan wajib bagi mereka. Dengan monopod kamera para traveling atau video blogger bisa mengambil gambar tanpa harus minta tolong orang.

Perbedaan Tripod Dan Monopod

Monopod merupakan peralatan fotografi yang fungsinya menunjang atau mempermudah proses pengambilan gambar. Seringkali monopod disamakan dengan tripod, padahal keduanya berbeda.

Seperti namanya tripod memiliki 3 kaki yang fungsinya menopang kamera. Sedangkan monopod hanya memiliki satu kaki. Monopod kamera biasanya digunakan untuk memotret pertandingan sepak bola atau memotret burung.

Keuntungan Penggunaan Monopod

Monopod maupun tripod memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Secara umum monopod tidak akan menggantikan fungsi tripod, seperti memotred buld. Begitupun sebaliknya. Namun jika Anda mencari alat yang membantu menstabilkan kamera dari guncangan atau memotret dalam ruang atau kondisi yang minim cahaya bisa gunakan monopod sebagai alat bantunya.

Baca Juga: Penjelasan Seputar Monopod Kamera

Berikut ini beberapa kelebihan monopod yang harus Anda ketahui:

  • Lebih ringan dan ringkas – tripod beratnya 3 kali lebih dibandingkan monopod. bentuk tripod lebih lebar, walaupun bisa dilipat kadang membuat kerepotan. Berbeda dengan monopod, bentuknya lebih ringkas, bisa dilipat bahkan dimasukkan ke tas kamera.
  • Cepat dirakit – cara menggunakan monopod hanya tinggal mengulurkan monopod, lalu memasang kamera dan memposisikan monopod ke tanah sebelum digunakan. Sedangkan tripod cara memasangnya harus merentangkan ketiga kakinya satu persatu. Jika permukaan tidak rata membuat tripod tidak seimbang.
  • Lebih lincah – monopod ideal digunakan pada kondisi dan situasi dimana kita butuh stabilitas dan butuh kelincahan bergerak. Karena ringan dan ringkas, monopod menjadi alat fotografer favorit saat pengambilan gambar pertandingan olahraga.
  • Harganya lebih murah – Anda bisa mendapatkan alat ini yang memiliki kualitas tinggi dan mampu menahan beban seberat 10 kg hanya dengan harga Rp 500 ribu rupiah.
  • Perspektif lebih keren – jika Anda memiliki lensa wide atau fish eye bisa dipasang ke monopod. Lalu setting set memotret dengan timer, angkat monopot pada posisi yang tinggi. Nah, dengan demikian Anda bisa memotret dalam perspektif yang tinggi.

Sekarang sudah ada monopod yang bisa menahan beban kamera DSLR namun tidak semua monopod sanggup menahan beban kamera, jadi sebelum membeli monopod perhatikan dengan seksama spesifikasi yang diberikan oleh masing-masing monopod.

Dengan mengetahui spesifikasi yang ditawarkan masing-masing monopod, Anda akan mengetahui monopod tersebut diperuntukkan untuk kamera apa saja dan berapa berat yang harus ditopangnya.

Demikian ulasan mengenai monopod kamera, semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari monopod yang tepat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *