Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR Untuk Kebutuhan Video

Seiring semakin berkembangnya teknologi kamera DSLR, ditambah pula dengan kelengkapan fitur lainnya seperti merekam video. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan merekam video menggunakan kamera dengan teknologi DSLR.

Kelebihannya:

  • Ukuran sensor kamera DSLR lebih besar

Jika dibandingkan dengan ukuran senosor camcorder video kamera, ukuran sensor kamera DSLR lebih besar. Perbedaan ukuran sensor menyebabkan hasil video pada DSLR lebih tajam, apalagi dipadukan dengan bukaan kamera yang juga besar. Hasilnya dapat membuat film seperti film layar lebar.

Kelebihan sensor DSLR adalah bisa membuat gambar yang berkualitas, walaupun gambarnya bergerak dan hasil pencahayaan yang bagus walaupun pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya.

  • Mudah Mengganti Ganti Lensa Sesuai Kebutuhan

Tidak semua kamera video bisa diganti lensanya, jikapun ada hanya kamera video kelas professional dan harganya sangat mahal. Berbeda dengan DSLR yang memiliki kelebihan lensanya bisa diganti dan dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Lensa kamera DSLR tidak hanya lensa jenis umum yang bisa digunakan, Anda bisa menggunakan lensa kamera jenis macro hingga lensa jenis fish eye. Tentu saja, hal tersebut membuat aktivitas membuat video menjadi lebih praktis dan efisien.

Jika Anda masih pemula dan membutuhkan lensa dengan budget terbatas, bisa coba menggunakan lensa 50mm, f/1.8. Untuk proses belajar pemula bisa menggunakan lensa plastic ekonomis yang tampilannya sinematik.

Baca Juga:Daftar Harga Kamera DSLR Beserta Spesifikasinya

  • Lebih Fleksibel, Kecil dan Ringan

Walaupun sekarang sudah tersedia kamera video yang ukurannya kecil, namun DSLR masih tetap menjadi pilihan yang cocok digunakan dalam segala kondisi. Karena kamera DSLR bisa dipindahkan dan dibawa kemana-mana tanpa repot. Keuntungan kamera yang kecil dan ringan, membantu situasi pengambilan gambar di ruang public tanpa terlihat mencolok.

Kekurangannya

Seperti barang elektronik lainnya, DSLR-pun memiliki kekurangan. Dengan mengetahui kekuarangannya diharapkan dapat mengantisipasi apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat pengambilan video. Berikut adalah penjelasannya:

  • Tidak ada Veiwfinder

Viewfinder fungsinya memberikan kemudahan mengambil gambar dengan jelas walaupun berada dalam kondisi minim cahaya. Umumnya kamera video memiliki 2 LCD, 1 LCD besar dan 1 LCD kecil yang terdapat pada viewfinder. Sayangnya DSLR tidak memiliki viewfinder.

  • Kualitas Audio Kurang

Kekurangan DSLR untuk pengambilan video yang kedua adalah kualitas audionya kurang. DSLR memiliki mic internal, namun hasilnya tidak memuaskan apalagi jika suaranya direkam dalam posisi yang jauh. Solusinya bisa menggunakan mic eksternal atau mic clip-on agar hasil suaranya lebih maksimal.

  • Durasi yang Terbatas

Kekurangan lainnya adalah durasi merekam video DSLR umumnya di bawah 20 menit per clipnya. Hal ini bisa menyebabkan kamera menjadi panas. Selain itu kekurangan lainnya kamera DSLR adalah di beberapa jenis kamera ada yang tidak bisa melakukan autofocus.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *