Kelebihan dan Jenis-Jenis Kamera Digital

Berdasarkan cara kerjanya, kamera bisa dibagi menjadi dua yaitu kamera digital dan kamera manual. Kamera manual adalah kamera yang menggunkanan roll untuk mengambil/ merekam gambar. Sedangkan digital kamera adalah kamera yang merkeam gambar secara digital yaitu dimasukkan ke dalam memori. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan jenis-jenis digital kamera. Simak pembahasannya berikut ini!

Kelebihan Digital Kamera

Ada banyak kelebihan digital kamera atau kamera digital dibandingkan dengan kamera manual, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hasilnya bisa dilihat langsung

Setelah menjepret gambar, Anda bisa langsung melihat hasilnya pada layar LCD kamera. Biasanya layar terdapat di bagian belakang kamera. Dengan demikian Anda bisa langsung melihat komposisi atau kekurangannya. Jika ada yang kurang atau salah bisa diulang berkali-kali tanpa ada biayanya.

  • Bisa menggunkan live view

Kamera digital keluaran beberapa tahun terakhir sebagian besar sudah dilengkapi fitur live view. Dengan adanya fitur ini memungkinkan fotografer untuk membidik dan mengatur komposisi objek yang dilihatnya melalui layar LCD. Fitur ini memudahkan untuk memotret sudut yang agak susah. Misalnya mengambil objek yang sejajar dengan lantai, maka tidak usah tengkurap. Cukup mengubah layar LCF ke arah atas.

Baca Juga:Harga Kamera Digital Murah? Pertimbangkan Hal Ini Juga!

  • Proses cetaknya lebih mudah

Kamera ini tidak memerlukan kamar gelap dan larutan kimia untuk mencetak fotonya. Cukup dengan bantuan komputer, printer dan kertas foto, hasil foto Anda sudah bisa dicetak lebih dari satu dengan mudah.

  • Hasilnya bisa disimpan dalam bentuk file yang disimpan di komputer atau laptop. Artinya sifatnya permanen, mudah disimpan, tidak memerlukan banyak tempat penyimpanan dan disimpand alam jangan waktu yang sangat panjang.

Jenis-Jenis Digital Kamera

Kamera jenis ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Kamera poket atau kamera saku.

Seperti namanya, kamera poket atau saku ukurannya kecil dan lebih praktis dibawa kemana-mana. Kamera ini biasanya digunakan untuk para pemula karena lebih mudah digunakan karena semua fitur sudah diatur otomatis. Selain itu penambahan fitur video menjadi kelebihan tersendiri. Harga kamera poket atau cameras saku lebih murah dibandingkan dengan kamera jenis DSRL.

  • Kamera DSRL

Kamera yang satu ini umumnya digunakan oleh fotografer professional. Kualitas gambar yang dihasilkan tidak diragukan lagi. Sensor yang digunakan umumnya lebih besar dibandingkan kamera poket. Fitur lensa kamera yang beragam bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pengguna  bisa mengatur mode pengambilan gambar, apakah otomatis atau manual. Namun sayangnya kamera ini harganya sangat mahal dan membutuhkan tas khusus untuk membawanya karena ukuran dan bobotnya besar.

  • Kamera Action

Action kamera adalah kamera digital yang didesain khusus untuk kegiatan-kegiatan diluar ruangan atau di alam bebas. Kamera action lebih tahan terhadap bantingan, tekanan, air dsb. Cocok dipakai untuk olahraga atau kegiatan ekstrim seperti terjun payung, motor cross, menyelam dsb.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *