Jenis Kamera Digital yang Harus Diketahui dan Perbedaannya

Untuk mengabadikan sebuah momen tertentu ada kamera yang bisa digunakan untuk mengambil gambar dan potret momen tersebut. Apabila telah menggunakan kamera, maka bisa menjadi kenangan ketika membuka potret yang dihasilkan sehingga momen tersebut walau telah lewat tetapi kenangannya masih tersimpan dengan baik. Salah satu kamera yang bisa digunakan adalah jenis kamera digital. Dimana untuk jenis kamera ini mempunyai banyak kelebihan dari hasilnya yang mudah dicetak dan juga hasilnya bisa dilihat langsung dari LCD yang ada di bagian kameranya. Hasilnya juga bisa dipindahkan dengan mudah menggunakan kabel data di laptop atau tempat penyimpanan lainnya. Untuk jenis digital kamera tersebut dibedakan sebagai berikut:

  • Kamera DSRL

Merupakan kamera pertama dalam kategori kamera jenis digital ini. Jenis ini merupakan kamera yang sering digunakan oleh para fotografer profesional. Karena mempunyai hasil gambar yang paling bagus dan juga harga yang paling mahal. Kamera DSRL ini mempunyai bentuk yang lebih besar daripada jenis lainnya dimana mempunyai banyak aksesoris yang bisa dipilih seperti tripod, tas kamera, baterai, charger, tempat penyimpanan data, filter kamera, dan juga lensa kamera. Harga dari jenis kamera DSRL ini sendiri berkisar antara 5 jutaan rupiah. Semakin berkembangnya teknologi jenis kamera DSRL ini sendiri mulai tergeser dengan digital kamera lainnya yaitu kamera mirrorless yang mempunyai bentuk dan desain yang lebih simpel dan harga yang lebih murah tetapi dengan hasil yang sama seperti kamera DSRL.

  • Kamera aksi

Adalah jenis kamera digital kedua yang merupakan kamera dengan bentuk yang kecil. Kamera ini cocok untuk kamera aksi petualangan baik di alam laut, hutan, maupun pegunungan. Untuk harganya sendiri berkisar antara 500 ribu hingga 5 jutaan rupiah tergantung dari merek dan fitur yang ditawarkannya. Jenis ini sangat cocok karena dapat tahan air dan juga tahan goncangan karena memang diproduksi untuk kegiatan diluar lapangan.

  • Kamera pocket

Adalah jenis digital kamera yang terakhir yang bisa dipilih dengan bentuk yang simpel dan juga desain yang simple. Kamera ini mempunyai harga yang terjangkau yaitu berkisar antara 800 ribuan hingga 1 jutaan keatas. Jenis ini sendiri bisa menghasilkan gambar yang bagus dan cocok untuk liburan di ruangan tetapi tidak secanggih kamera DSLR dan fitur sebanyak kamera aksi.

Tiga pilihan diatas adalah kamera digital yang bisa dipilih menurut kebutuhan penggunanya nanti. Seperti untuk liburan akan sangat cocok menggunakan kamera aksi, sedangkan dua jenis lainnya bisa digunakan untuk merekam gambar biasa. Sedangkan kebutuhan lainnya juga bisa disesuaikan dengan harga kamera tersebut karena ada yang murah seperti kamera pocket tetapi ada juga yang berharga mahal seperti kamera DSLR yang memang jenis kamera untuk profesional.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *