Jenis Filter Lensa Kamera yang Wajib Diketahui Oleh Fotografer Pemula

Jenis Filter Lensa Kamera yang Wajib Diketahui Oleh Fotografer Pemula

Mendalami fotografi, Anda tidak hanya diharuskan mengetahui jenis kamera yang bagus saja. Namun Anda juga harus mengetahui perangkat penunjang lainnya, salah satunya adalah filter pada lensa kamera. Filter lensa pada sebuah kamera merupakan bagian tambahan di bagian depan lensa yang berguna untuk melindungi atau menyaring cahaya masuk untuk menghasilkan gambar fotografi. Filter tersebut terdiri dari berbagai jenis dengan kelebihan dan fungsi masing-masing. Filter ini nantinya akan memberikan efek khusus untuk menciptakan hasil foto yang lebih fantastis. Selain itu filter ini juga akan membuat gambar menjadi lebih jernih.

 Jenis Filter Lensa Kamera yang Wajib Diketahui Oleh Fotografer Pemula

Filter ada yang digunakan untuk membidik objek landscape dengan cahaya minim, ada yang digunakan untuk meningkatkan warna dan mengurangi refleksi, namun ada juga yang digunakan untuk sekedar melindungi lensa kamera. Secara luas, filter berguna untuk fotografi dan sinematografi, dan beberapa lainnya digunakan untuk keadaan tertentu saja. Tak sedikit fotografer yang mengandalkan kemampuan filter untuk kegiatan fotografi mereka. Seperti fotografer landscape yang sangat mengandalkan berbagai filter. Namun untuk fotografer portrait atau street, filter lebih jarang digunakan. 

Untuk Anda fotografer pemula, penting untuk mengetahui jenis-jenis filter lensa kamera. Adapun jenis-jenis filter tersebut, antara lain:

  • Filter Ultraviolet (UV).

Jenis filter yang satu ini berguna sebagai media penyaring sinar UV atau ultraviolet. Selain itu, secara umum filter ini juga berguna untuk melindungi lensa dari benturan.

  • Filter Circular Polarizing Filters (CPF).

Filter CPF sangat wajib dimiliki seorang fotografer. Karena fungsi filter ini untuk merefleksi pada pemukaan benda, seperti air dan kaca. Selain itu, berfungsi juga untuk meningkatkan kepekatan warna, seperti warna biru pada langit.

  • Filter Neutral Density (ND).

Filter ND juga perlu diketahui oleh para fotografer. Karena fungsi filter ini sangat berguna untuk keperluan fotografi. Filter ND berfungsi untuk menghambat cahaya yang sangat kuat. Tanpa adanya filter ini, fotografer tidak akan bisa menciptakan efek seperti kepasan untuk pemotretan pada air yang bergerak saat siang hari yang terang. Misalnya saat harus membidik objek foto sebuah air terjun atau ombak di bebatuan pantai.

  • Graduated ND Filter.

Filter yang satu ini juga termasuk dalam filter gradasi. Yang mana berfungsi untuk menyeimbangkan ekposure permukaan bumi dan langit, karena eksposure bumi terlalu gelap sedangkan langit terlihat lebih terang. Untuk penggunaannya yaitu dengan bagian gelap filter berada di posisi atas agar bisa menghambat cahaya dari bagian langit.

  • Filter Soft.

Jenis filter lensa terakhir yang perlu diketahui fotografer pemula adalah filter Soft. Filter yang satu ini sangat berguna sebagai media yang menghasilkan efek hasil foto yang lebih lembut atau soft.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *