Jangan Salah Memilih Monopod Kamera

Jangan Salah Memilih Monopod Kamera

Seperti yang Anda tahu untuk menghasilkan gambar yang bagus, kita membutuhkan posisi kamera yang stabil untuk menghindari gambar yang blur. Perlu monopod kamera atau tripod untuk menyempurnakannya. Mendapatkan stabilitas ini, kita bisa menggunakan alat yang bernama tripod. Tripod memiliki 3 kaki yang berfungsi menahan body kamera tidak goyang saat hendak mengeksekusi gambar. Dengan tujuan tersebut, tak heran apabila tripod dibuat menggunakan bahan yang solid. Yang jadi masalah adalah, tripod memiliki bobot yang tidak ringan, ukuran besar serta memerlukan waktu untuk setting.

Jangan Salah Memilih Monopod Kamera

Berbeda dari tripod di atas, monopod hanya memiliki 1 kaki saja. Selain ringan dan lebih mudah pengaturannya, monopod juga lebih praktis dilipat dan mudah dibawa-bawa. Saat ini ada banyak pilihan monopod dengan bermacam rangkaian teknik pengoperasiannya. Beberapa monopod kamera bahkan dilengkapi dengan bagian yang bisa diputar sekaligus memudahkan Anda pemotretan dalam orientasi portrait maupun landscape.

Namun, sebelum mulai berbelanja monopod kamera, untuk mendapatkan alat penunjang yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan;

  • Ketinggian

Apabila Anda adalah orang yang memiliki postur tubuh tinggi, maka ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu berapa tinggi maksimal yang bisa didapat oleh monopod. Hal ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan Anda saat menggunakan alat penunjang fotografi tersebut. Anda tentu tidak ingin hasil foto yang terlihat tidak natural bukan?.

  • Anggarkan biaya

Apabila Anda memutuskan monopod kamera yang tidak dapat diputar, maka pastinya Anda akan membutuhkan sebuah ball-head yang dapat diputar. Dan pembelian ini kemungkinan dilakukan secara terpisah. Maka dari itu, Anda pun perlu menghitung biaya yang akan dikeluarkan. Atau jika memungkinakan, bandingkan juga dengan harga monopod yang tiltable.

  • Putar searah jarum jam

Apabila Anda hendak memulai penggunaan kamera dengan orientasi portrait, maka putarlah kepala atas monopod searah dengan jarum jam atau arah yang berlawanan bila dilihat dari belakang. Hal in berguna untuk menjaga monopod Anda tetap awet dengan putaran yang selalu searah.

  • Muatan maksimal

Ada beberapa monopod kamera yang hadir di pasaran dengan dilengkapi fasilitas yang bernama tilt-head. Umumnya, nilai muatan maksimal yang dapat digunakan pun menjadi lebih rendah apabila dibanding dengan monopod lain yang tak memiliki kemampuan perputaran tilt ini. Monopod sebenarnya memiliki kemampuan yang cukup bisa diandalkan untuk menopang kamera Anda. Akan tetapi biasanya nilai muatan akan lebih kecil pada posisi ball-head yang ada di bagian paling atas dari monopod.

  • Kemampuan peredam getaran

Pada saat menggunakan tripod, memang ada saat dimana Anda sebaiknya mematikan fitur pengaturan vibration reduction ketika ingin memakai lensa-lensa VR. Namun berbeda dengan monopod, dimana Anda tetap bisa menghasilkan gambar yang tajam saat menggunakan lensa VR sekalipun.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *