Inilah Manfaat Penting Monopod Kamera untuk Dunia Fotografi  

Inilah Manfaat Penting Monopod Kamera untuk Dunia Fotografi  

Monopod atau biasa disebut dengan unipod adalah tiang yang digunakan untuk menyangga kamera, teropong dan komponen lainnya. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan kamera saat mengambil gambar supaya tidak terjadi guncangan. Ada banyak jenis monopod yang telah dijual luas dipasaran, yang membedakan adalah bahan pembuatnya. Para fotografer profesional biasanya lebih memilih monopod kamera yang terbuat dari serat karbon karena dinilai lebih awet, kuat dan tahan lama juga mudah saat dibawa kemana-mana.

 Inilah Manfaat Penting Monopod Kamera untuk Dunia Fotografi  

Semakin bagus kualitas bahan pembuat monopod, maka akan semakin mahal pula harganya. Meskipun terbilang mahal, akan tetapi jika kualitas yang bisa Anda dapatkan juga sesuai dengan harganya, maka Anda tidak perlu ragu untuk membelinya. Sebelum memutuskan untuk membeli monopod, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Menentukan budget.

Jika Anda sudah menentukan budget untuk membeli monopod, maka langkah selanjutnya adalah mencari toko yang memasang harga sesuai dengan budget yang Anda miliki. Caranya dengan membandingkan harga antara satu toko dengan toko lainnya, kemudian pilihlah yang memiliki standar harga terbaik.

  • Tinggi monopod.

Sebelum membeli monopod, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu ukuran panjang monopod tersebut apakah bisa sesuai dengan postur tubuh Anda atau tidak. Hal ini bertujuan untuk mempermudah penggunaan monopod jika memiliki ukuran tinggi sesuai postur tubuh Anda.

  • Memahami kelebihan dan kekurangan monopod kamera.

Sebelum memutuskan untuk membeli penyangga kamera jenis monopod ini, akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya supaya nantinya dapat digunakan sesuai kebutuhan Anda.

 

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih jenis monopod yang tepat, supaya nantinya dapat Anda gunakan sesuai keinginan Anda saat melakukan pengambilan gambar. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan alat ini saat melakukan aktifitas fotografi, antara lain:

Baca Juga Jangan Salah Memilih Monopod Kamera

  • Tersedia dalam berbagai jenis yang bisa Anda beli sesuai dengan budget Anda, dan semakin besar budget yang Anda keluarkan, maka akan semakin bagus pula kualitas monopod yang Anda dapatkan.
  • Monopod memiliki bobot yang ringan dan ringkas sehingga akan memudahkan Anda untuk membawanya kemana-mana.
  • Cepat dirakit. Anda hanya perlu memanjangkan tongkat dan menyesuaikan tinggi monopod dengan postur tubuh Anda, setelah itu Anda bisa langsung memulai aktifitas fotografi.
  • Monopod memiliki kelebihan dapat memberikan kestabilan saat mengambil gambar dan pemakainya juga dapat bergerak dengan bebas. Monopod ini adalah jenis penyangga kamera terfavorit pilihan para fotografer olahraga.
  • Dapat menjadi sahabat lensa tele yang baik. Umumnya lensa tele memiliki bobot yang berat dibandingkan jenis lensa lainnya, akan tetapi dengan menggunakan penyangga monopod ini lensa tersebut akan terasa lebih ringan.

Itulah beberapa cara memilih dan manfaat monopod kamera yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membelinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *