inilah Cara Menggunakan Lensa Kit untuk Menghasilkan Foto Bokeh

inilah Cara Menggunakan Lensa Kit untuk Menghasilkan Foto Bokeh

Anda ingin memotret objek dengan hasil yang sama seperti fotografer professional, yang backgroundnya sedikit tidak jelas, blur atau bokeh? Untuk tujuan tersebut Anda harus tahu bahwa lensa yang bisa diandalkan adalah lensa yang bukaannya lebar seperti f/1.8. Lalu bagaimana jika Anda hanya punya lensa standar atau lensa kit saja? Tenang, Anda juga bisa menggunakan lensa kit tersebut untuk mendapatkan efek bokeh dengan cara seperti yang ada di bawah ini.

inilah Cara Menggunakan Lensa Kit untuk Menghasilkan Foto Bokeh

Atur Aperture dan Focal Length dengan Tepat

Meskipun Anda hanya punya modal lensa kit saja, tetapi asalkan Anda bisa mengatur aperture dan focal length dengan tepat, Anda pasti bisa mendapatkan efek bokeh. Aperture merupakan bukaan diafragma lensa yang menjadi penentu banyak sedikitnya jumlah cahaya yang masuk dalam lensa. Nah, supaya efek bokeh ini bisa Anda dapat, Anda harus mengatur aperture tersebut dalam bukaan yang paling kecil sehingga cahaya yang masuk dalam lensa bisa lebih banyak.

Jauhkan Jarak Antara Objek dengan Latar Belakangnya

Cara menggunakan lensa kit untuk mendapatkan efek bokeh yang lainnya adalah jauhkan objek dari latar belakangnya. Secara teori, semakin jauh jarak antara objek dengan latar belakang, maka peluang untuk Anda mendapatkan efek bokeh dengan lensa kit juga semakin besar. Tetapi, kalau objek Anda adalah objek yang tidak bisa dipindah, sehingga tidak mungkin untuk dijauhkan dengan latar belakang, Anda bisa mengakalinya dengan mendekatkan kamera ke objek sehingga latar belakangnya tampak menjauh.

Perhatikan Siluet dan Latar Depan

Jika Anda sudah memahami dua cara diatas dengan baik, Anda langsung bisa menerapkannya dalam kegiatan memotret sehari-hari. Silahkan Anda coba untuk menerapkan efek bokeh pada background sebuah gambar yang mempunyai alternatif focal point pada bagian latar depannya. Kemudian, cobalah untuk menempatkan objek sejauh mungkin dengan cahaya yang ada di latar belakangnya. Langkah ini biasanya akan bekerja dengan efektif untuk diterapkan pada objek yang berbentuk siluet di bagian depan cahaya yang dihasilkan.

Temukan Keseimbangan

Jika Anda sudah mengkombinasikan berbagai teknik pengambilan foto bokeh dengan menggunakan lensa kit, biasanya ini akan menghasilkan sebuah foto yang bisa membuat banyak orang terkesima. Akan tetapi, dalam hal ini Anda harus kembali berfikir tentang bagaimana efek tersebut memberikan pengaruh terhadap foto Anda. Apakah efek tersebut justru akan mendominasi dan mengalihkan perhatian dari objek atau tidak. Anda harus tahu bahwasanya keinginan Anda untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang oke itu memang lumrah, akan tetapi jika efek ini justru mendominasi, maka Anda jadi punya PR untuk menemukan keseimbangan saat memotret.

Luangkanlah Waktu Anda untuk Berkreasi

Selanjutnya, Anda juga harus memberikan kesempatan dan waktu luang pada diri Anda sendiri untuk mempraktekkan pengaturan yang benar pada kamera. Jika Anda sudah siap dengan semua pengetahuan tersebut, silahkan Anda coba keluar lalu mulailah berkreasi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *