ini Dia Fungsi Serta Kegunaan dari Tripod Kamera

ini Dia Fungsi Serta Kegunaan dari Tripod Kamera

Tripod kamera atau yang sering disebut sebagai kaki tiga adalah salah satu dari aksesoris kamera yang memiliki bentuk stand berguna untuk menopang pada body kamera. Sedangkan pada aksesoris ini sendiri pun juga memiliki banyak macam dan jenis serta kegunaan yang berbeda-beda. Jika Anda serius dengan bidang fotografi, maka sebaiknya tambah gear yang diperlukan ini. Mungkin jika Anda menonton pertandingan sepakbola ada banyak fotografer di pinggir lapangan yang meletakkan kameranya di kaki tiga ataupun monopod. Lalu, apakah kaki tiga ini hanya berfungsi sebagai penopang? Berikut adalah penjelasannya.

ini Dia Fungsi Serta Kegunaan dari Tripod Kamera

Membantu Pemotretan dengan Fitur Timer

Saat ingin berfoto bersama-sama dengan kekasih maupun teman di suatu tempat wisata, apakah Anda akan terus meminta orang lain untuk memotret Anda berdua? Kamera Anda pastinya memiliki fitur timer di mana shutter akan otomatis memotret pada waktu yang telah ditentukan. Fitur inilah yang harusnya Anda pakai, dengan dibantu tripod, Anda tidak perlu terus meminta bantuan orang lain.

Fotografi Makro

Tripod dapat digunakan untuk menghasilkan foto makro meski tanpa menggunakan lensa makro. Kaki tiga juga bisa digunakan pada pemotretan benda kecil yang rawan goncangan. Walaupun kebanyakan DSLR (jenis IS maupun VR) sudah dibekali dengan fitur stabilizer, namun tetap saja tidak membantu tanpa menggunakan aksesoris kaki tiga.

Mempertajam Gambar saat Focal Length Panjang

Menghasilkan foto tajam dan fokus memang diakui sedikit sulit jika dilakukan perbesaran mencapai angka 200 mm. Gerakan tangan seringkali mengganggu kamera dalam menghasilkan gambar. Perbesaran atau Focal Length panjang ini biasanya sering digunakan dalam pemotretan satwa liar maupun kegiatan olahraga. Dengan tripod, gerakan tangan tidak akan mengganggu, dan hasil foto pun fokus kepada objeknya.

Menghasilkan Foto HDR

HDR (High Dynamic range) adalah salah satu teknik fotografi yang sangat merepotkan. Selain menghasilkan hasil bidikan, Anda juga perlu mengolahnya dengan software editing. Untuk menghasilkan foto HDR ini biasanya Anda harus memotret sebanyak 3 kali atau lebih dengan posisi yang sama persis. Pengambilan foto ini dilakukan dengan komposisi pengaturan exposure yang berbeda-beda. Tentu Anda perlu konstan untuk berdiri di tempat yang sama dan posisi objek yang sama. Jika tergeser sedikit saja, sudah pasti hasilnya akan berantakan. Tripod ini lah yang dapat membantu mengatasi hal ini dengan hasil foto konstan yang dihasilkan.

Penyangga Flash

Jika Anda sedang melakukan pemotretan dengan flash, sedangkan light stand tidak mencukupi, segera gunakan kaki tiga untuk menyangganya. Kaki bebek yang dipasangkan pada flash dapat disesuaikan dengan trap kaki tiga, dengan bagian bawah kaki bebek memiliki trap disesuaikan dengan trap kai tiga. Fungsi tersebut cocok digunakan untuk sesi foto strobist. Bahkan juga dapat dipasangkan dengan receiver dan reflector lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *