Ingin Membeli Tripod? Perhatikan Dulu Hal-hal Ini!

Ingin Membeli Tripod? Perhatikan Dulu Hal-hal Ini!

Fotografi saat ini menjadi hobi yang memiliki banyak penggemarnya di Indonesia, hal tersebut dikarenakan Indonesia kaya akan alamnya yang masih asli dan juga kaya akan aneka satwa dan pemandangan lainnya. Jika Anda ingin mengambil gambar tanpa adanya goyang atau guncangan sedikit pun memang sulit. Namun, saat ini mengambil gambar tanpa goyang dan juga mengambil video untuk waktu yang lama tidaklah sulit lagi, melainkan sudah mudah, dengan menggunakan tripodAlat tersebut sedang populer juga untuk digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama yang gemar untuk mengambil video atau pun membuat vlog yang saat ini sedang digandrungi masyarakat. Namun, ketika membeli alat tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal ini:

Ingin Membeli Tripod? Perhatikan Dulu Hal-hal Ini!

  • Berat

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika akan membeli alat tersebut adalah memperhatikan bobot atau berat alat tersebut. Biasanya, yang memberikan stabilitas yang paling bagus adalah yang berat. Namun, jika Anda membeli benda tersebut dengan bertujuan agar bisa dibawa-bawa kemana pun Anda pergi, maka jenis tersebut tidaklah cocok. Akan lebih baik untuk membeli yang memiliki stabilitas yang cukup dengan berat yang cukup ringan juga, seperti membeli yang terbuat dari alumunium atau pun serat karbon yang masanya jauh lebih ringan.

  • Kapasitas Beban

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan ketika akan membeli tripod adalah kemampuannya menopang kamera Anda. Sebelumnya, pastikan Anda mengetahui berat dari kamera yang Anda gunakan beserta dengan aksesorisnya, seperti lensa, lampu flash, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui berat totalnya, Anda bisa mencari alat tersebut yang memiliki kapasitas menanggung beban yang di atas total berat tersebut. Namun, jika Anda hanya menggunakan kamera biasa, maka alat yang biasa atau yang murah saja sudah cukup untuk Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Tripod Supaya Kamera Tidak Rusak

  • Kepala

Bagian terpenting yang harus Anda cek sebelum membeli alat ini adalah memeriksa bagian kepalanya. Biasanya saat membelinya, maka Anda juga akan mendapatkan kepala yang memang sudah menjadi bawaannya. Periksalah tingkat kestabilan dan juga tingkat kekokohan dari kepala atau head tersebut. Jika Anda sudah melakukan penguncian pada semua bagian dan juga sudah dikencangkan, namun nyatanya kepala tersebut masih juga dalam keadaan sedikit ke bawah, atau seperti mengangguk, maka jangan beli alat tersebut karena kepalanya tidak bagus lagi.

  • Tinggi

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli tripod untuk digunakan mengambil gambar yang menakjubkan seperti landscape atau hal lainnya, Anda harus memeriksa tinggi alat tersebut. Alat ini memang memiliki ketinggian yang bermacam-macam. Jika suatu alat tersebut memiliki tinggi maksimal yang besar, maka akan semakin banyak hal yang bisa Anda tangkap dengan menggunakan kamera Anda. Namun, jika alat itu besar, maka Anda akan semakin susah untuk membawanya berpergian. Hal tersebut tergantung dari Anda, untuk apa alat tersebut dipakai.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *