Informasi Penting Tips Memilih Flash Kamera Eksternal

Informasi Penting Tips Memilih Flash Kamera Eksternal

Dapat dikatakan bahwa flash eksternal atau lampu kilat menjadi salah satu alat penting dalam dunia fotografi. Peralatan esensial bagi fotografer profesional ini digunakan untuk memberikan dukungan cahaya pada beberapa kebutuhan tertentu. Alat yang juga singkat disebut dengan lampu blitz ini umumnya menggunakan 4 butir baterai AA sebagai sumber dayanya. Ada pula yang sudah menggunakan baterai lithium-ion polymer dan dapat diisi ulang seperti yang banyak ditemukan di pasaran saat ini.

Informasi Penting Tips Memilih Flash Kamera Eksternal

Spesifikasi dari flash eksternal juga cukup beragam. Meskipun banyak hal yang menjadi faktor umum yang perlu diperhatikan saat ingin membeli lampu ini, umumnya yang biasa digunakan sebagai tolak ukur produk lampu flash yang baik yaitu berdasar nilai Guide Number.

Guide Number (GN)

GN merpakan skala angka tentang kemampuan flash untuk menghasilkan cahaya dengan intensitas tertentu. Makin tinggi nilai GN artinya kemampuannya dalam menembakkan cahaya pada intensitas besar makin baik pula. Perbedaan utama dari flash eksternal dengan internal terletak pada fleksibilitas serta GN ini dimana flash internal tidak dapat diarahkan ke titik lain selain ke arah depan kamera saja.

Kepala Flash yang Dapat Diputar

Untuk dapat memberikan cahaya pada obyek foto, maka ada baiknya lampu flash ini dapat diarahkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda untuk mengarahkan ke mana cahaya ditembakkan agar didapatkan pencahayaan sesuai kebutuhan.

Setting Flash

Seperti halnya kamera, flash eksternal juga memerlukan pengaturan agar dapat menghasilkan cahaya sesuai kebutuhan. Terlalu terang cahaya justru dapat merusak nilai kontras, sedangkan jika cahaya kurang akan membuat gambar kehilangan detail. Flash yang baik dilengkapi dengan setting power, zoom dan lain sebagainya. Hal ini membantu Anda untuk mengoptimalkan cahaya bantu dari perangkat flash sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Mengganti Lensa Kamera yang Aman dengan Menerapkan Tips Pintar Ini!

Display Setting

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mempelajari karakter dan setting lampu blitz yang hendak dibeli, maka pastikan bahwa perangkat tersebut menampilkan informasi item pengaturannya. Anda pastinya tidak ingin bolak-balik mencoba lampu flash untuk mendapatkan cahaya yang pas bukan?

Kemampuan Maksimal Lampu Flash

Carilah informasi tentang kekuatan maksmial dari lampu flash yang hendak dibeli. Makin besar angka panduan di flash tersebut, semakin baik pula kinerja flash itu. Kekuatan flash ini akan sangat mempengaruhi jarak pendar cahaya flash tersebut. Hal ini juga dapat membantu Anda saat hendak menggunakan diffuser ataupun flash di langit-langit.

Kemampuan nirkabel

Periksa juga apakah lampu flash kamera dapat berinteraksi dengan kontrol nirkabel. Ada beberapa flash yang sudah memiliki kemampuan untuk dikendalikan baik secara slave-pasif  dan ada juga yang sudah dapat digunakan slave-master. Kemampuan kendali nirkabel ini dapat memudahkan Anda saat menggunakan multiple flash.

AF-Assist Illuminator

Kemampuan ini memudahkan Anda dalam mendapatkan fokus meskipun dalam tingkat cahaya redup sekalipun. Biasanya, AF menunjukan kotak merah sebagai penanda target fokus sebagai pemandu untuk mendapatkan fokus terbaik saat cahaya rendah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *