HARGA KAMERA UNTUK PEMULA

Memotret merupakan kegiatan yang tentunya bisa menjadi hobi atau pekerjaan bagi seseorang. Namun, semakin serius dan sungguh-sungguh tujuannya, maka semakin penting pula peralatan untuk mengimbanginya, mengingat kegiatan memotret ini selalu berhubungan dengan sesuatu yang bernama ‘kamera’. Untuk itu, jika anda baru saja menyukai dunia pemotretan, atau sedang mencoba serius di bidang fotografi, berikut tips serta harga kamera untuk pemula. Karena selain penggunaannya yang mudah, harga yang dikeluarkan juga cukup terjangkau untuk bidang ini.

Nikon D3100

Kamera DSLR tipe ini memiliki sistim ‘AF’ (Auto Focus) yang memudahkan kita mengambil gambar. Auto focus dalam mode ‘AF-F’ menambah kebutuhan auto focus supaya kita tidak perlu mengatur lensa pada suatu titik tertentu. Meski tambahan ini—bisa jadi—diperuntukan dalam pengambilan video, mengingat AF-F pada D3100 ini berkemampuan untuk mengambil video full HD dengan lebih baik saat live view, AF-F berguna pula dalam pengambilan gambar bagi para pemula., supaya objek yang diambil tidak mudah blur karena kamera menangkap fokus yang lain. Kamera ini juga memiliki ISO yang cukup tinggi, yakni 3200. Dengan kualitas gambar yang baik, kisaran harga kamera ini Rp. 4.599.000,- untuk body only. Sementara untuk Nikon D3100 18-55 Kit Non VR NI merah memiliki harga Rp. 5.299.000,-.

Canon EOS 1200D

Kamera seri D dari Canon ini banyak diminati para fotografer. Selain karena keunggulan sistem yang terus di-update-nya, Canon seringkali membuat pengoperasian produknya lebih mudah bagi para pengguna. Seri 1200D ini memiliki resolusi video HD 1080 x 1920 dan 18 MP untuk pengambilan gambar. Sementara pengoperasian kontrol bagi para pemula, terdapat jenis-jenis yang telah diatur sedemikian rupa, sehingga para fotografer pemula tidak perlu repot-repot mengaturnya secara manual. Harga kamera Canon EOS 1200D ‘lensa kit’ 18-55 mm sekira Rp. 4.750.000,-. Namun untuk ‘camera kit’ kisaran Rp. 5.080.000,-. Biasanya, toko-toko memberi tambahan seharga Rp. 100.000 untuk tambahan memory 8 GB. Harga yang cukup murah untuk para fotografer pemula bukan?

Sony Alpha SLT A58

Kamera ini cukup direkomendasikan juga bagi para pemula. Pasalnya, dengan harga kamera kisaran Rp. 4.685.000,- sampai Rp, 5.290.000,-, kita sudah mendapatkan kamera mid-range dengan sensor 20 MP. Viewfinder SVGA dengan resolusi 800 x 600 pixel cukup membantu dalam pengambilan gambar. Ditambah, mode auto focus dan auto object framing yang mampu mengurangi kestabilan si pengguna.

Jenis beserta harga kamera dari tiga produsen kiranya dapat menjadi pertimbangan para fotografer pemula. Namun, sehebat apapun sebuah kamera, tentunya yang paling berpengaruh adalah semangat dalam berkarya. Baik pemula atau senior, fotografi merupakan karya seni bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *