Harga Kamera DSLR Canon VS Nikon dan Perbedaannya

Setiap kamera besutan vendor-vendor terkenal memiliki keunggulannya masing-masing dengan fitur, perfom yang menarik selain itu harga kamera DSLR dibandrol berbeda-beda. Itu sebabnya banyak orang yang bingung kamera mana yang cocok dan tepat digunakan.

Sebagian orang menyimpulkan kamera Nikon adalah yang terbaik, namun ada juga yang berpendapat bahwa Canon lebih baik. Sebaiknya sebelum menyimpulkan alangkah baiknya jika kita mengenal lebih apa saja kekurangan dan kelebihan secara menyeluruh kamera DSLR Canon dan Nikon, selain itu cari informasi perbandingan harga kamera DSLR. Untuk lebih jelasnya simak dalam artikel ini hingga tuntas.

Dilihat dari Segi Teknologi Kamera

Jika dilihat dari segi teknologi, banyak pendapat di kalangan fotografer Canon yang sedikit lebih unggul di bandingkan Nikon. Karena kamera Canon sudah memiliki sistem image processing yang fungsinya menjaga frame rate lebih cepat dibandigkan Nikon. Selain itu pengguna tidak perlu melakukan proses editing karena sistem image processing pada Canon dapat membantu menghaluskan hasil gambar.

Biasanya teknologi tersebut di sukai fotografer yang biasa melakukan pengambilan gambar Point and Shoot. Berbeda dengan kamera Nikon tidak memiliki sistem tersebut, sehingga image processingnya lebih lambat. Mensiasati hal tersebut, Nikon menggunakan mode Raw, namun tidak semua fotografer menyukai image tersebut karena tetap lebih cepat Canon.

Namun, jika dilihat dari segi lensa dan fiturnya kamera Nikon lebih unggul dibandingkan dengan Canon. Lensa Nikon memberikan kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan pada kamera Canon. Selain itu fitur pada Nikon lebih lengkap menyebabkan banyak fotografer yang menyukai kamera Nikon.

Baca Juga:Info Kamera Canon EOS 7D Mark II

Dilihat Dari Segi Konsumen

Jika diperbincangkan mana yang lebih baik apakah kamera DSLR Nikon atau Canon tidak akan ada habisnya, karena kedua kamera tersebut sama-sama bagus. Masalahnya adalah siapakah konsumennya, apakah yang menggunakan kameranya adalah pemula, middle atau pro.

Banyak para fotografer pemula yang menggunakan kamera Canon karena lebih mudah dioperasikan dan banyak pilihan menu. Menggunakan kamera Canon lebih mudah dipahami dibandingkan dengan Nikon yang cenderung menggunakan keahlian memotret.

Untuk para fotografer middle atau semi professional, sebenarnya tidak jauh dengan pemula namun pemilihan yang terbaik untuk level fotografer ini adalah tergantung bagaimana karakter fotografer dan kenyamanan saat menggunakannya. Ada fotografer yang menyukai Canon karena memiliki processing frame rate sehingga kinerjanya lebih cepat. Namun ada juga yang memilih Nikon karena hasil kualitas dan fiturnya lebih lengkap dibandingkan Canon.

Sedangkan untuk fotografer kelas professional, kebanyakan memilih kamera Nikon karena fitunya lebih lengkap dan sensivitas cahaya lebih baik. Jika sedang memotret dalam kondisi cahaya minim kamera Nikon mampu mengontrol foto, selain itu kualitas lensanya lebih premium.

Setelah mengetahui kelebihan dan keunggulan masing-masing kamera, kita dapat menyimpulkan sebaiknya memilih kamera sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pilih harga kamera DSLR Nikon atau Canon yang sesuai dengan budget.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *