Hal-hal yang Perlu diketahui Tentang Memori Kamera

Memory card merupakan salah satu komponen penting dalam dunia fotografi, yang terkadang keberadaannya tidak begitu dianggap oleh para pembidik gambar. Tanpa adanya memory card, maka seorang fotografer tidak akan dapat menyimpan hasil bidikan gambar mereka secara optimal. Bagi Anda yang baru saja memasuki dunia hobi fotografi, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengenal memori kamera, agar nantinya Anda dapat menggunakan dan mengerti fungsi dari jenis-jenis memori tersebut, sehingga Anda mampu menghasilkan penyimpanan gambar yang optimal.

Secara umum memori yang biasa digunakan dalam dunia fotografi, terbagi atas dua macam, yaitu memori secure digital atau yang biasa disebut dengan SD Card dan memori compact flash card atau yang biasa disebut dengan CF Card. Memori CF Card, merupakan memori lebih dulu diluncurkan sebelum munculnya SD card, namun untuk saat ini memori CF sendiri sudah jarang kita temukan digunakan secara umum oleh para penghobi fotografi. Memori jenis CF card ini, kini hanya dapat kita temukan pada jenis-jenis kamera high end tertentu saja.

Sedangkan untuk memori kamera jenis SD Card, saat ini merupakan memori yang lebih banyak digunakan oleh para pengguna kamera digital, karena memang mampu menghasilkan penyimpanan gambar dalam kapasitas dan kualitas yang lebih. Berikut ini jenis SD card yang dapat Anda gunakan dalam pengoperasian kamera digital, yang antara lain adalah:

  • SD card standar, yang merupakan SD card yang memiliki kapasitas memori penyimpanan maksimal sebesar 2 GB, jenis memori standar inipun kini sulit untuk kita dapatkan dipasaran umum, karena banyak kalangan yang sudah berpindah pada jenis penyimpanan dengan kapasitas yang lebih besar.
  • SDHC card, memori ini merupakan memori yang memiliki kapasitas penyimpanan mencapai 32 GB dengan disertai teknologi high interface 10, memori inilah yang saat ini banyak digunakan dalam versi kamera digital terbaru.
  • SDXC card, yang merupakan memori penyimpanan untuk jenis kamera digital yang mempunyai kapasitas penyimpanan mencapai 2 TB. Jenis memori ini hanya baru dapat digunakan untuk kamera digital tertentu yang telah mensupport jenis memori tersebut.

Secara umum para penghobi fotografi, pastinya akan memilih dan membeli memori berdasarkan kecepatan kerja dari memori tersebut. Hal tersebut terkait dengan kecepatan transfer data yang tinggi pada sebuah memori, akan memiliki pengaruh pada shoot atau mode perekaman dan pengambilan gambar yang dilakukan dengan kamera digital yang membesut memori tersebut. Semakin tinggi kecepatan memori maka, akan semakin cepat penyimpanan yang dapat dilakukan.

Kecepatan transfer data pada memori kamera biasanya akan dilakukan secara real time atau bersamaan dengan pengambilan dan perekaman gambar. Oleh karena itu sudah selayaknya bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, Anda juga harus memperhatikan jenis memori yang akan Anda aplikasikan pada kamera digital Anda, selain kecepatan, ketepatan dan kesesuaian jenis memori dengan kamera juga perlu Anda perhatikan. Jangan lupa untuk membeli adaptor SD card jika pembelian SD card Anda belum menyertakannya. Adaptor ini digunakan untuk menghubungkan SD card dengan kamera atau laptop apabila belum compatible dengan dimensi SD card. Masukkan SD card ke dalam adaptor sebelum dipasangkan pada kamera dan laptop Anda. Kemudian untuk mengambil SD card tersebut, sebelumnya Anda harus memutuskan hubungan melalui komputer agar pelepasan data menjadi lebih aman dan data yang tersimpan atau telah tertransfer tidak hilang.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *