Ciri Filter Kamera yang Bagus dan Keren

Filter pada kamera merupakan kaca transparan atau lembaran tipis elemen yang terpasang pada depan filter. Filter kamera ini nantinya akan berperan dalam hal mengubah karakteristik pada cahaya yang akan melewati pada lensa serta memberi efek khusus pada hasil jepretan, melindungi fisik lensa dari goresan, resiko terbentur, pecah atau terjatuh. Untuk melindungi lensa biasanya digunakan jenis filter bening atau sering disebut clear. Selain memiliki beberapa fungsi, maka filter lensa pun juga memiliki fungsi lain yang tergantung pada jenisnya.

Jika di lihat dari segi bentuknya, maka filter di bagi menjadi dua, yaitu seperti berikut ini:

  • Slot in atau filter yang memiliki bentuk persegi panjang.

Cara penggunaannya, filter akan dimasukkan ke dalam frame yang telah disediakan. Untuk jenis filter ini yaitu GND.

  • Round filter atau berbentuk lingkaran.

Filter ini memiliki bentuk bundar sesuai dengan diameter lensa, pada mekanismenya hanya tinggal dipasang dengan cara diputar searah dengan jarum jam. Pada jenis filter ini biasanya filter UV, Circular Polarizer (CPL), filter Neutral Density (ND).

Selain dari segi bentuknya, maka filter juga terbagi berdasarkan efek yang diberikan yaitu misalnya pada:

  • filter UV atau filter Netral.

Filter ini berguna untuk melindungi sensor kamera dari sinar UV yang dapat merusak sensor kamera, akan tetapi semakin berkembangnya teknologi jaman sekarang ini, maka sensor kamera pada kamera-kamera modern masa kini tidak akan rusak jika hanya terkena sinar UV.

  • Filter Neutral Density (ND).

Pada filter ini memiliki fungsi untuk mengurangi intensitas density atau cahaya tanpa harus mengubah neutral atau arah cahaya, pada intensitas cahaya yang dikurangi akan jauh lebih banyak apabila warna pada filter ND semakin gelap

  • Filter Gradual Neutral Density atau GND.

Filter kamera ini memiliki fungsi untuk menyeimbangkan cahaya pada saat di luar ruangan.

Memiliki sebuah kamera memang suatu hal yang menyenangkan, karena ketika kita ingin mengunjungi pada suatu tempat yang memiliki pemandangan yang indah, maka kita tidak perlu repot-repo lagi perihal mengabadikan setiap moment yang pernah kamu lewati. Namun apa jadinya jika memiliki kamera namun tidak mampu mengetahui secara detail mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kamera?

Kamu bisa mempelajari ulasan-ulasan yang ada di atas agar kamu pun juga mampu menghasilkan gambar yang berkualitas seperti layaknya para fotografer yang sudah profesional, selain menyalurkan sebuah hobi, maka menghasilkan gambar yang bagus pun juga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi diri sendiri. Semoga artikel mengenai filter kamera ini mampu menambah wawasan kamu yang ingin tampil handal dengan kamera. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *