Cara Perawatan Kamera Mirrorless dan Penyimpanannya

Bagi seseorang yang memiliki hobi menggunakan berbagai kamera untuk menghasilkan sebuah gambar, mungkin penggunaan kamera mirrorless dapat menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mereka gunakan. Selain memiliki berat yang ringan serta ukuran yang kecil dibanding dengan kamera digital lainnya, kamera ini juga memungkinkan para penggunanya untuk dapat dengan mudah mengambil gambar dalam berbagai angle, tanpa kesulitan dan tidak memerlukan teknik khusus dalam pengambilan gambarnya. Cara perawatan kamera mirrorless yang mudah juga menjadi satu alasan tepat, bagi pemula untuk dapat memilih kamera jenis ini sebagai salah satu alternatif pilihan yang tepat.

Cara paling efektif untuk menjaga keawetan dari jenis kamera digital ini adalah dengan menjaga kondisi dari kamera tersebut, agar tidak basah dan lembab. Menjauhkan kamera mirrorless dari percikan atau siraman air, merupakan cara paling efektif yang dapat Anda gunakan untuk menjaga keawetan dari kamera tersebut. Apabila kamera dalam kondisi yang lembab , maka bagian dalam kamera akan mudah berembun dan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian kamera lainnya.

Berikut ini cara perawatan kamera mirrorless, yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, yang antara lain adalah:

  • Bersihkan lensa kamera dengan menggunakan cairan khusus pembersih lensa, yang dituang di atas kain microfiber, kemudian usapkan kain tersebut keatas lensa kamera.
  • Apabila Anda hendak mengeluarkan baterai atau memori card, pastikan kamera dalam keadaan mati, agar nantinya hal tersebut tidak merusak sistem yang terdapat dalam kamera.
  • Pastikan pula kamera dalam kondisi mati, saat Anda menghubungkannya dengan komputer ataupun laptop.
  • Isilah kembali baterai, ketika baterai tidak dalam kondisi lemah, agar nantinya baterai dapat bertahan lama, serta kamera dalam posisi off.

    Baca Juga: Mengenal Cara Perawatan Kamera DSLR yang Benar

Apabila Anda menggunakan kamera pada suatu tempat yang banyak mengandung zat yang dapat menyebabkan perkaratan pada lensa dan bagian kamera lainnya, maka segeralah bersihkan lensa dan bagian kamera lainnya, dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang telah di semprotkan pada kain microfiber yang lembut. Hal ini perlu Anda lakukan, setelah Anda melakukan pengambilan gambar di pantai atau tempat lainnya yang mengandung banyak debu.

Untuk hal penyimpanan kamera mirrorless, pastikan Anda menyimpannya ditempat yang kering dan sejuk, sehingga tidak menimbulkan kelembaban pada kamera. Jika Anda akan penyimpanannya dalam waktu yang tergolong lama, maka sebaiknya Anda menyertakan pemberian silica sel pada box penyimpanan, agar nantinya silica sel dapat menyerap berbagai zat yang dapat menimbulkan kerusakan pada kamera, termasuk embun yang timbul karena suhu ruangan. Cara perawatan kamera dan penyimpanan yang tepat, dapat menentukan daya tahan dari kamera yang Anda miliki. Oleh karena itulah selalu berhati-hati dalam penggunaannya dan rawatlah kamera dengan maksimal.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *