Cara Merawat Tripod Mini yang Baik dan Benar Agar Awet

Cara Merawat Tripod Mini yang Baik dan Benar Agar Awet

Tripod memiliki peran yang sangat penting yang akan membantu para pecinta fotografer untuk mengambil gambar dengan mudah tanpa adanya goncangan dari tangan yang gemetaran. Penting sekali bagi Anda untuk melakukan perawatan pada tripod mini dengan cara yang baik dan benar. Hal ini perlu diperhatikan agar kualitas dan sistem kerja tripod tetap berjalan dengan baik dan tidak akan mengalami banyak kerusakan yang terjadi pada tripod.

Cara Merawat Tripod Mini yang Baik dan Benar Agar Awet 

Anda tidak harus membersihkan tripod Anda terlalu sering. Tetapi setelah bekerja dalam keadaan tertentu, maka prose pembersihan menyeluruh pada tripod adalah suatu keharusan. Misalnya, jika Anda bekerja dalam kondisi yang sangat kotor atau berpasir, atau jika tripod Anda terkena air, terutama air asin maka sebaiknya bersihkan kakinya sebelum menciutkan tripod. Jika tripod dicelupkan ke lumpur, pasir, atau air apa pun, maka setelah pemotretan, Anda harus membongkar tripod dan membersihkannya sepenuhnya.

Kebanyakan kaki tripod tipe-sekrup cukup dilepas sehingga setiap bagian dapat dikeluarkan dari bagian di atasnya. Tripod yang menggunakan pengait mungkin perlu melepas baut atau sekrup untuk melepas sendi dan bagian kaki di dalamnya. Memfoto berfungsi sebagai manajer kabel dan terkunci di kaki tripod mini. Satu bukaan pada perangkat kecil berukuran sempurna untuk bertindak sebagai kunci pas untuk mur dan baut kecil yang menahan konektor sambungan erat.

Pada setiap tripod biasanya ada shims atau lengan plastik di ujung setiap bagian kaki, jadi ketika mengambil kaki terpisah jangan lupa untuk mengambil gambar tentang bagaimana shims dapat diposisikan sehingga Anda dapat mengembalikannya dengan benar selama reassembly. Setelah dibongkar, bersihkan semua kotoran, kotoran atau air asin dari elemen tripod menggunakan air bersih yang disaring untuk meminimalkan kontaminan bersama dengan kain, spons atau sikat berbulu halus. Kemudian, bilas bersih dan keringkan dengan kain dan biarkan tripod benar-benar mengering sebelum dirakit kembali.

Untuk mengikuti peraturan pabrikan tripod Anda, cobalah untuk tidak membawa tripod diperpanjang dengan beban (yaitu kamera yang terpasang) di atas bahu Anda. Hal ini dapat melengkung atau merusak tripod dan sendi sensitifnya. Selain itu, jangan tinggalkan tripod di bagasi Anda untuk waktu yang lama dalam cuaca panas atau dingin, karena suhu yang ekstrem tidak baik untuk menjaga agar tripod tetap berfungsi dengan baik.

Jika kunci kaki tripod tipe sekrup Anda lengket dan tidak mudah berubah, kemungkinan perlu dibersihkan dan di lumasi. Lepaskan kunci sepenuhnya dan gunakan kain bersih, kering atau kaku plastik atau sikat berbulu alami untuk menghilangkan pasir, kotoran, atau minyak tua dari benang yang mencegah putaran halus. Sangat penting untuk memastikan semua komponen tripod mini benar-benar kering sebelum dipasang kembali untuk mencegah jamur dan korosi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *