Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tetap Awet

Kamera DSLR adalah salah satu barang elektronik yang harganya cukup mahal, oleh karena itu perawatannya pun tidak boleh sembarangan. Kamera ini harus dirawat dengan benar agar tetap awet:

Jaga Agar Tetap Kering

Jika kamera bukan tipe waterproof, maka harus dijauhkan dari air atau benda-benda cair yang dapat merusak kamera. Kamera sama halnya dengan peralatan elektronik kebanyakan, oleh karena itu apabila terkena air dapat menyebabkan terjadi konsleting sehingga menimbulkan kerusakan.  

Simpan di Dry Box

Apabila kamera sedang tidak digunakan, sebaiknya disimpan ke dalam Dry Box untuk menjaganya agar tetap aman dan kering. Akan tetapi karena Dry Box berharga mahal, alat penyimpanan kamera dapat diakali dengan menggunakan box platik yang biasa dipakai untuk tempat penyimpanan makanan, kemudian masukkan Silica Gel agar peralatan kamera dapat terbebas dari jamur.

Cleaning Kit Kamera

Untuk membersihkan kamera tidak boleh menggunakan alat pembersih yang sembarangan. Gunakan cleaning kit khusus untuk kamera. Perlengkapan pembersih kamera paling dasar adalah menggunakan lenspen serta blower. Fungsi blower adalah untuk membersihkan debu pada sensor kamera serta lensa, apabila ingin mengganti lensa, maka perlu bersihkan debu yang menempel terlebih dahulu agar hilang. Sebisa mungkin beli blower yang berukuran cukup besar, agar angin yang dikeluarkan pun maksimal.  

Sedangkan untuk lenspen adalah pena dengan bulu halus pada bagian ujungnya, fungsi dari lenspen ini adalah untuk membersihkan bagian depan lensa yang seringkali banyak debu yang menempel pada area tersebut. Selain itu, lenspen juga berfungsi untuk membersihkan bagian LCD.

Baca Juga:Tips Perawatan Kamera Sederhana, Dimulai Dari Penyimpanan yang Tepat!

Gunakan Tas Khusus

Ketika membawa kamera keluar rumah, usahakan untuk menggunakan tas khusus, karena apabila tidak menggunakan tas khusus akan membuat kamera berbenturan dengan benda-benda lainnya. Ini bisa membuat kamera menjadi rusak dan lecet. Sedangkan jika menggunakan tas khusus untuk menyimpan kamera, maka akan aman, karena tas kmaera memiliki sekat yang bisa disesuaikan sehingga barang yang disimpan dalam tas tersebut tidak akan saling berbenturan.

Hati-hati Memotret di Pantai dan Laut

Pantai dan laut adalah tempat favort untuk liburan, oleh karena itu kurang lengkap rasanya jika tidak membawa kamera. Akan tetapi ketika memotret di pantai atau laut, hati-hati saat menggunakan kamera, jangan sampai kamera terkena air laut karena kandungan garam dalam air laut bisa menyebabkan korosi dan membuat kamera menjadi rusak.

Hati-hati Membersihkan Sensor Kamera

Salah satu komponen kamera DSLR yang paling penting adalah bagian sensor kamera. Sensor kamera memang seringkali kotor sehingga mengganggu gambar yang dihasilkan, akan tetapi jangan membersihkannya dengan tisu, bersihkan dengan SWAP yang bentuknya seperti cutton bad namun berbentuk pipih.

Itulah beberapa tips untuk merawat kamera DSLR agar tetap awet dan terjaga kebersihannya. Bagi seorang fotografer, kamera adalah alat yang penting, oleh karena itu harus dijaga dengan baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *