Cara Merawat Baterai Kamera dengan Benar Agar Awet Digunakan

Kamera adalah salah satu alat elektronik yang bisa digunakan untuk merekam photo dan juga merekam video. Ada banyak jenis kamera yang bisa dipilih baik dari ukurannya, jenisnya, hingga kualitas gambar yang bisa diciptakan. Dalam sebuah kamera, ada berbagai komponen yang melengkapinya agar kamera tersebut dapat bekerja secara maksimal. Dari lensa, memori penyimpanan data, dan juga baterai. Apabila menggunakan kamera, baterai harus penuh dan jangan sampai habis sehingga kamera tersebut masih bisa digunakan. Tetapi apabila habis baterai, maka kamera sudah tidak bisa digunakan lagi sebelum akhirnya harus mengisi baterai kamera tersebut. Baterai tersebut harus dirawat sedemikian rupa sehingga awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Beberapa cara untuk dapat merawat baterai tersebut adalah dengan:

  • Tidak mengisi baterai hingga over charge

Kesalahan yang sering dilakukan oleh seseorang ketika mengecas baterai adalah membiarkannya walaupun sudah penuh. Kondisi tersebut dikenal dengan over charge sehingga apabila dilakukan secara terus menerus, baterai untuk kamera tersebut akan mengalami kerusakan. Sama seperti yang terjadi pada baterai handphone pada umumnya yang akan melembung hingga gampang drop. Apabila mengisi daya baterai untuk kamera biasanya hanya memerlukan waktu selama 4 jam saja sebelum akhirnya baterai terisi penuh.

  • Menyimpan baterai dengan baik

Perawatan baterai kamera selanjutnya adalah memperhatikan tempat simpannya. Menyimpan baterai tersebut tidak boleh sembarangan dan harus memilih tempat penyimpanan dengan suhu yang tempat. Untuk dapat menyimpan baterai dengan tepat suhu yang benar adalah suhu ruangan yang normal tidak terlalu panas tetapi juga tidak boleh dingin. Apabila meletakkan baterai di ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin nantinya malah merusak baterai tersebut. Terlebih apabila dilakukan secara terus menerus sehingga kualitas baterai akan berkurang bahkan mengalami kerusakan.

Baca Juga:Merawat Baterai Kamera Yang Benar Agar Tahan Lama

  • Menggunakan charger baterai asli

Dan cara merawat baterai selanjutnya adalah dengan memilih charger yang asli. Hal tersebut karena apabila menggunakan charger yang asli biasanya sudah disesuaikan dengan arus masuk ketika sedang mengisi baterai sehingga akan lebih stabil. Hal tersebut berbeda dengan charger yang tidak orisinil yang bisa untuk membuat baterai tidak awet bahkan bisa untuk merusakkan baterai karena perbedaan arus yang dihasilkan oleh charger tersebut.

  • Mengisi daya baterai lebih dengan batas minimalnya 20 persen

Dan cara merawat baterai kamera yang terakhir adalah jangan sampai ketika sudah kosong dan mati. Sebaiknya segera isi baterai tersebut apabila sudah menunjukkan angka daya baterai tinggal 20 persen. Apabila ketika mengisi baterai terus menerus saat sudah mati hal tersebut malah akan membuatnya rusak dan tidak awet ketika digunakan. Sehingga nantinya Anda harus membeli baterai baru untuk mengoperasikan kamera.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *