Cara Merawat Baterai Kamera Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Baterai kamera merupakan bagian penting yang berhubungan langsung dengan aktivitas memotret. Dengan baterai energi kimia yang disimpan dirubah menjadi energi listrik yang digunakan oleh kamera. Hampir semua perangkat elektronik portable khususnya yang menggunakan baterai sebagai sumber listrik.

Dengan adanya baterai, pengguna tidak perlu mencari sumber listrik untuk menggunakan peralatan elektronik tersebut. Sehingga perangkat bisa dibawa kemana saja. ada dua jenis batu baterai yaitu: batu baterai yang hanya bisa dipakai sekali saja atau single use dan batu baterai yang bsia diisi ulang atau rechargeable.

Agar baterai kamera lebih optimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu cara merawat agar kinerja baterai dan daya tahannya lebih optimal. Tips ini berlaku juga untuk perawatan elektronik lainnya,seperti handphone, laptop senter, mainan remote control dsb.

  • Pada waktu pertama kali membeli perangkat elektronik atau baterai kamera, sebelum digunakan charge baterainya hingga penuh. Hal ini dilakukan untuk mengetahui performa baterai kamera tersebut. Baterai yang bagus, akan bertahan selama 1, 5 jam hingga 2 jam.
  • Di suhu yang dingin/ rendah, daya tahan baterai sedikit demi sedikit akan berkurang. Jadi Anda bisa menyimpannya di tempat yang hangat, misalnya: di simpan di kantong dekat badan atau di tempat hangat lainnya, sehingga kondisi baterai tetap akan terjaga. Suhu yang tepat untuk menyimpan beterai kira-kira 20-30 derajat celcius.
  • Lepaskan baterai dari dalam kamera atau charger pada saat kondisi sedang tidak digunakan. Apabila dipasang pada kamera daya tahannya akan sedikit-sedikit berkurang. Selain itu, mencopot baterai yang tidak digunakan dapat mmembuat baterai lebih bertahan lama.
  • Jangan isi daya (charger) baterai yang kondisinya masih penuh.
  • Jika jenis baterai biasa, umumnya bisa dicharger sebanyak 300-500 kali. Setelah itu baterai akan memperlihatkan tanda-tanda aus yaitu ditandai dengan penurunan daya yang sangat cepat walaupun charger sudah penuh. Saat itulah baterai sudah perlu diganti.
  • Apabila charger disimpan dalam jangka waktu yang lama, usahakan baterai kondisinya habis. Charger baterai sekitar 15 menit setiap 6 bulan 1 kali.
  • Charger baterai saat kondisi baterai benar-benar habis. Karena kinerjanya akan lebih baik dan lebih tahan lama.
  • Jika sudah tidak digunakan baterai bisa didaur ulang, jadi jangan buang baterai yang sudah bekas.
  • Baterai yang tidak original atau buatan dari pihak ke tiga kinerjanya tidak sebaik yang asli, dari segi umurpun lebih pendek. Namun harganya lumayan murah, jadi bisa Anda jadikan cadangan.

Memilih baterai kamera harus teliti dan hati-hati, karena jika Anda salah memilih bisa mengakibatkan kerusakan pada kamera. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *