Cara Menggunakan Tripod Supaya Kamera Tidak Rusak

Cara Menggunakan Tripod Supaya Kamera Tidak Rusak

Foto merupakan hal yang dapat menyampaikan berbagai pesan tanpa sebuah kata-kata yang panjang. Satu foto dapat menerjemahkan berbagai kondisi dan keadaan saat gambar tersebut diambil. Bagi pecinta fotografi tentunya memiliki kamera merupakan sesuatu hal yang wajib. Memiliki kamera dengan resolusi tinggi dengan tingkat fokus yang sangat baik untuk mendukung kegiatan pengambilan gambar dalam setiap momen supaya tidak terlewatkan berbagai hal yang terjadi. Selain kamera seseorang juga membutuhkan tripod untuk mengambil gambar tanpa harus menggerakkan kamera yang nantinya akan berdampak pada hasil gambar yang diambil.

 Cara Menggunakan Tripod Supaya Kamera Tidak Rusak

Sebagai fotografer tentunya seseorang harus memasang penyangga kamera dengan pas dan baik supaya kamera dapat terpasang pas tanpa longgar. Hal ini dilakukan supaya kamera tidak mudah lepas dan cepat rusak. Berikut adalah tips memasang penyangga kamera diantaranya:

  • Pastikan kamera memiliki tempat untuk memasang penyangga kamera, jika tidak memiliki tempat penyangga kamera dapat juga membeli adapter khusus untuk menyangga kamera.
  • Lepaskan piringan kamera supaya dapat ditempelkan pada penyangga kamera, pastikan piringan tidak goyang dan pastikan memiliki lubang yang sama.
  • Atur kaki penyangga kamera, atur ketinggian yang pas sesuai yang diinginkan. Hal ini tergantung pada kebutuhan fotografer.
  • Putar baut pada penyangga kamera, namun jangan terlalu kencang karena dapat membuat kamera rusak.

Selain beberapa hal diatas, dapat juga menggunakan clamping mechanism yang merupakan teknologi terbaru untuk memasang dan mencabut kamera dengan mudah. Tripod sangat memiliki peran terhadap hasil foto yang baik, apalagi untuk membantu sang fotografer dalam mengambil foto dalam jumlah banyak dalam satu lokasi yang sama dengan meletakkannya pada satu tempat dan memberikan timer supaya dapat mengambil foto dalam waktu yang ditentukan. Sehingga fotografer tidak harus berdiri dan memantau kamera yang sedang mengambil gambar. Selain itu juga, penyangga kamera ini sangat penting untuk digunakan ketika mengambil gambar dalam jumlah objek yang banyak seperti foto siswa sekolah supaya hasilnya jauh lebih bagus.

Baca Juga:Pastikan Bawa Tripod Terbaik Ini Ketika Anda Travelling  

Berikut adalah beberapa rekomendasi penyangga kamera yang dapat dipilih diantaranya:

  • Fotopro X5CN, memiliki carbon fiber yang sangat cocok untuk foto diluar ruangan, lebih ringan dan kokoh.
  • Fotopro T64 Carbon, ketinggian penyangga kamera dapat diatur dengan cepat dan merupakan tipe terbaik.
  • Vanguard Alta Pro 263 AB100, mudah dilepas dan memiliki fleksibilitas yang tak tertandingi dan terbuat dari kandungan alumunium.

Tripod diatas sangat dianjurkan bagi fotografer yang suka mengambil gambaran di alam, selain diatas ada juga fotopro CT-4A dengan kemudahan mengatur posisi kaki dan posisi tinggi rendahnya penyangga kamera. Ada juga fotopro S3 lite yang sangat mudah dibawa kemana-mana dan terbuat dari bahan alumunium. Apapun penyangga kamera yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan saat digunakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *