Cara Menggunakan Kamera Digital dengan Benar

kamera memiliki banyak macam yang mana sebelum Anda menggunakan kamera digital, maka Anda pun harus mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi yang ada pada komponen-komponen dari kamera tersebut. Karena pada setiap komponen yang ada di kamera memiliki fungsi dan sistem kerja yang berbeda-beda, maka wajar saja jika Anda dituntut untuk mengetahui segala sesuatunya yang ada di kamera sebelum menggunakannya. Karena apabila salah menekan tombol saja, maka sistem kerja pada kamera pun sesuai dengan tombol yang Anda pencet.

Banyak sekali jenis-jenis kamera yang memiliki banyak perbedaan meskipun sama-sama memiliki fungsi untuk memotret, namun pada setiap jenis dan merk kamera akan memberikan hasil serta kualitas gambar yang berbeda-beda pula. Namun bagi para fotografer jauh lebih menyenangkan jika menggunakan kamera jenis digital, terlebih lagi bagi Anda yang masih pemula atau belajar untuk memotret, maka kamera jenis ini pun cocok untuk Anda gunakan. Wajar saja jika Anda yang masih awam mengenai kamera, masih merasa bingung apa saja fungsi dari beberapa tombol yang ada di kamera.

Adapun beberapa fitur yang ada pada kamera digital yang tidak jauh berbeda dari kamera yang biasanya, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Modus kamera secara otomatis.

Hampir semua kamera memiliki fitur ini yang ada di pengaturan dan fitur ini merupakan cara terbaik yang digunakan dalam hal pengambilan gambar.

  • Zoom.

Pada fitur ini dapat untuk Anda gunakan untuk mendekatkan atau menjauhkan pada objek yang ingin Anda foto.

  • Timer.

Timer digunakan untuk menunda dalam hal pengambilan foto, biasanya penundaan tersebut dalam jangka waktu 10 detik.

  • Flash.

Biasanya, apabila pengambilan gambar ditempat yang gelap, maka fitur flash ini dapat untuk Anda gunakan agar gambar terlihat jelas.

  • ISO.

Fitur ini berfungsi untuk mengontrol pada jumlah cahaya yang nantinya akan mempengaruhi bagaimana fotonya nanti akan terlihat.

  • Fokus.

Fitur ini digunakan untuk memfokuskan objek sebelum diambil gambar.

Adapun fungsi dari kamera jenis digital yaitu sebagai berikut:

  1. Dapat untuk menangkap hasil dari percobaan.
  2. Untuk memotret anggota tim.
  3. Untuk mendokumentasikan lokasi atau pada acara live misalnya pada pembicara tamu.
  4. Untuk menangkap segala sesuatu yang digunakan pada sebuah pekerjaan.
  5. Untuk mengambil gambar untuk pertama kalinya.

Menjadi seorang fotografer memang bisa dikatakan susah-susah gampang, karena pekerjaan dalam hal memfoto pada suatu objek tidak dapat dilakukan dengan cara yang sembarangan, menjadi seorang fotografer dituntut untuk fokus pada suatu objek, agar hasil gambar yang diberikan pun mampu memberikan hasil gambar yang memuaskan, karena dalam hal pengambilan gambar pun juga dibutuhkan suatu trik dan teknik-teknik tersendiri agar gambar yang dihasilkan dari kamera digital mampu menjadi gambar yang berkualitas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *