Cara Memilih Lensa Tele yang Baik dan Sesuai dengan Kebutuhan

Cara Memilih Lensa Tele yang Baik dan Sesuai dengan Kebutuhan

Perlu Anda ketahui bahwa kamera memiliki banyak jenis lensa yang memiliki fungsi berbeda tergantung kebutuhan yang Anda perlukan. Salah satunya seperti lensa tele atau telephoto lens. Lensa ini digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti foto lanskap, pertandingan olahraga, foto lanskap, atau juga burung-burung liar. Namun, lensa ini juga memiliki pilihan beragam yang diproduksi oleh para produsen lensa sehingga membuat konsumen bingung memilih produk yang terbaik.

Cara Memilih Lensa Tele yang Baik dan Sesuai dengan Kebutuhan

Oleh karena itu, agar Anda tidak salah pilih, sebelum memutuskan untuk membeli lensa ini, ada baiknya Anda menyimak ulasan mengenai cara memilih lensa berikut ini:

Pilihlah lensa yang memiliki  focal length sesuai dengan kebutuhan

Di antara banyaknya produk lensa foto, lensa tele adalah lensa terbaik dalam mengambil foto dari jarak yang sangat jauh. Namun, ada pula lensa jenis ini yang memiliki focal length dan wide angle terlalu besar sehingga memungkinkan Anda menghasilkan foto yang buruk saat jarak kameranya semakin dekat dengan objek foto yang ingin Anda ambil. Untuk itu, sebelum memilih untuk membeli lensa ini, sebaiknya sesuaikan kebutuhan Anda sehingga jarak objek foto tidak menjadi penyebab jeleknya kualitas foto yang dihasilkan.

Jika Anda ingin memotret kegiatan olahraga, misalnya olahraga di dalam ruangan pilih lensa tele yang memiliki focal length 70-300 mm, karena dengan menggunakan lensa tersebut maka intensitas cahaya yang kurang karena di dalam ruangan bisa terpenuhi. Sementara untuk olahraga outdoor, Anda harus memilih lensa dengan focal length mencapai 500 mm sehingga Anda bisa mengambil foto wajah para pemain dari jarak jauh.

Sedangkan, untuk memotret burung liar, Anda bisa menggunakan lensa tele dengan focal length berkisar antara 400-800 mm. Dengan menggunakan lensa ini, akan memudahkan Anda dalam memotret burung dari jarak yang cukup jauh. Terlebih lagi ukurannya yang semakin kecil jika dipotret dari jarak jauh sehingga Anda membutuhkan super-telephoto lens dengan focal length 600-800 mm khusus untuk burung liar yang ada di pegunungan.

Lensa tele juga bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar portrait. Gunakan lensa focal length untuk mengambil gambar portrait agar ekspresi dari objek foto menjadi semakin menonjol. Hanya saja, saat Anda mengambil gambar dengan posisi terlalu dekat, maka latar belakang objek tersebut menjadi tidak optimal saat di-blur. Untuk itu, jika Anda ingin memotret objek yang jaraknya dekat dan hasil blur-nya tetap indah, maka Anda bisa memilih lensa dengan focal length 85-200 mm

Produk dengan fitur anti-goyang lebih direkomendasikan

Jika Anda ingin memotret menggunakan lensa tele yang berukuran 70-300 mm, maka penggunaan fitur anti-goyang bisa menjadi kurang optimal. Namun, jika Anda menggunakan super-telephoto lens, fitur anti-goyang justru sangat dibutuhkan. Meski pada sebagian besar lensa tela sudah dilengkapi dengan fitur anti-goyang, bukan berarti terjadinya blur pada foto yang Anda dapat diminimalisir. Untuk itu, Anda tetap harus harus mengecek efektivitas fitur anti-goyang tersebut.

Sesuaikan ukuran dan bobotnya dengan kebutuhan Anda

Jika dibandingkan dengan lensa lain yang focal length-nya lebih kecil, lensa tele memiliki ukuran dan bobot lebih besar. Untuk itu, Anda membutuhkan tas kamera yang berukuran besar untuk menyimpan lensa yang akan Anda bawa saat bepergian. Namun, untuk Anda yang sering banyak bergerak karena harus mengambil gambar yang dinamis, tak perlu khawatir, karena ada juga lensa yang berukuran kecil dengan bobot yang ringan sehingga nyaman untuk digenggam dan tidak membuat Anda mudah lelah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *