Cara Memilih Fisheye Lens Terbaik Untuk Kamera Anda

Cara Memilih Fisheye Lens Terbaik Untuk Kamera Anda

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia fotografi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan fisheye lens. Lensa yang satu ini berfungsi untuk mengambil gambar dengan skala yang lebih luas. Hanya saja, hasil foto yang didapat saat menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda karena adanya distorsi yang sangat tampak. Meski demikian, lensa ini merupakan barang wajib untuk Anda yang suka mengambil foto pemandangan, terlebih saat sedang travelling berbagai destinasi yang memiliki pemandangan yang indah.

Cara Memilih Fisheye Lens Terbaik Untuk Kamera Anda

Karena lensa ini bukanlah lensa biasa, tak heran jika masih banyak orang yang belum mengerti mengerti bagaimana cara memilih fisheye lens yang tepat. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli lensa ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Untuk itu simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Pilihlah berdasarkan efek yang dihasilkannya

Fisheye lens dibedakan menjadi dua tipe berdasarkan efeknya, pertama tipe diagonal fisheye dan yang kedua adalah tipe circular fisheye. Yang umumnya Anda temui di dunia fotografi adalah tipe diagonal fisheye, yang di mana distorsi foto akan semakin meningkat dan terlihat seperti semakin cembung jika titik pusat foto posisinya lebih jauh.

Sedangkan untuk tipe circular fisheye akan menampilkan hasil foto yang di mana seluruh objek foto tampak seperti lingkaran dengan kesempatan sudut foto berubah menjadi hitam. Jika melihat hasil foto tipe circular fisheye, Anda akan merasa seolah-olah dipadatkan ke titik tengah foto dan tampak seperti planet kecil. Tak heran jika ada yang menyebut hasil foto lensa tipe ini sebagai little planet.

Pilihlah berdasarkan cara pemasangannya

Jangan salah, fisheye lens ini bukan hanya bisa dipasangkan ke kamera saja. Nyatanya kini, sudah banyak beredar aksesoris smartphone yang fungsinya sama dengan lensa fisheye ini, sama-sama menghasilkankan foto yang berdistorsi. Aksesoris lensa fisheye ini hanya tinggal ditempelkan saja ke kamera smartphone kesayangan Anda.

Namun, jika Anda lebih mengendepankan kualitas gambar yang beresolusi tinggi, maka Anda harus menggunakan fisheye lens yang memang diperuntukkan untuk kamera. Meski harganya mahal, namun hasilnya sebanding karena Anda akan mendapatkan hasil foto yang sangat tajam.

Pilih lensa yang terang untuk mengambil foto langit berbintang

Fisheye lens juga bisa digunakan untuk mengambil gambar langit berbintang. Kebanyakan para fotografer menggunakan tripod, ISO speed rendah serta long exposure. Hal ini dilakukan agar mereka mudah mengambil gambar di malam hari. Hanya saja, cara tersebut dianggap kurang optimal bila Anda ingin mengambil foto bintang di langit dengan hasil yang maksimal. Untuk itu jika Anda ingin mendapat foto bintang yang berkualitas tinggi tekanlah tombol shutter secara konstan dan kurangi ISO-nya secara sedikit demi sedikit agar noise bisa berkurang. Jika Anda masih menginginkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan lensa yang terang dengan ukuran aperture kurang dari f/2.8.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *