Cara Memilih Filter Lensa Terbaik Agar Hasilkan Foto Berkualitas Tinggi

Cara Memilih Filter Lensa Terbaik Agar Hasilkan Foto Berkualitas Tinggi

Jika sekarang ini Anda sedang menggemari dunia fotografi, setidaknya Anda pasti memiliki beberapa lensa kamera. Seperti yang kita ketahui lensa kamera memiliki harga yang terbilang mahal, jadi wajar saja jika Anda ingin menjaganya agar tatap aman dari goresan ataupun benturan. Untuk menjaga agar lensa kamera bisa tetap awet, sebaiknya Anda menggunakan filter lensa.

Cara Memilih Filter Lensa Terbaik Agar Hasilkan Foto Berkualitas Tinggi

Selain melindungi lensa Anda, filter ini juga bisa memberikan efek fotografi yang cukup menarik. Untuk memilih filter tak perlu khawatir karena sudah banyak produsen ternama yang sudah memproduksi alat ini, seperti Kenko, Hoya atau Titffen. Hanya saja, agar Anda tidak salah filter lensa, ada baiknya Anda menyimak ulasan tips berikut ini.

Pilih yang Memiliki transmitansi tinggi

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih filter ini adalah menyesuaikan transmitansi lensa dengan kamera Anda. Pada umumnya, filter lensa yang memiliki transmitansi tinggi cenderung di banderol dengan harga mahal. Untuk itu jika lensa kamera yang Anda gunakan tidak terlalu mahal, maka sebaiknya pilihlah fitur lensa yang bisa menunjang kulalitas foto dari lensa kamera.

Filter lensa yang transparan memang dibuat untuk melindungi lensa dari sinar UV pada matahari. Kendati demikian, filter tersebut tidak mempengaruhi efek gambar yang dihasilkan kamera Anda. Hanya saja, filter transparan ini memiliki transmitansi yang berbeda sehingga jika Anda memilih lensa yang transmitansinya buruk maka akan mempengaruhi cahaya yang masuk ke dalam lensa Anda.

Efek filter

Selain melindungi lensa kamera agar tetap aman, filter lensa juga dapat merubah white balance hasil foto Anda, khususnya pada filter yang berwarna. Pada filter ini, terdapat dua efek, yakni efek warm dan efek cool yang berfungsi untuk mengubah white balance. Hanya saja, efek ini tidak dapat terlihat jika Anda tidak menggunakan filter pada lensa kamera Anda.

Untuk lebih mendapat hasil foto yang memukau, Anda bisa memilih filter jenis lain seperti jenis polarizing. Filter jenis ini mampu menyaring cahaya yang terpolarisasi yang masuk pada lensa, mengurangi refleksi dan juga mampu meningkatkan warna dan kontras. Filter jenis polarizing umumnya digunakan untuk mengambil gambar landscape.

Fitur anti air

Saat digunakan, filter lensa menjadi bagian ujung dari kamera. Oleh karena itu, pilihlah filter yang anti-air dan tahan terhadap kotoran agar Anda bisa tetap melakukan pemotretan meski cuaca tidak mendukung, seperti hujan atau hembusan angin yang kencang bisa membawa pasar dan debu. Dengan adanya filter anti-air dan debu ini, Anda tetap bisa menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi meski cuaca tidak dapat Anda prediksi.
Selain memilih filter lensa yang anti-air dan anti debu, Anda juga harus memperhatikan filter anti-sidik jari karena saat Anda harus mengganti filter, bisa saja sidik jari Anda mengenai lensa kamera Anda. Tentu saja sidik jadi yang menempel tersebut bisa mempengaruhi hasil foto yang akan dihasilkan kamera Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *