Cara Memanage Kartu Memory Agar Kapasitas Penyimpanan Mencukupi


Di era yang serba digital ini, banyak gadget yang diciptakan dengan tujuan untuk membantu kegiatan manusia agar lebih mudah dan nyaman. Contoh gadget yang saat ini banyak digunakan adalah smartphone, laptop, kamera hingga smartwatch. Semua gadget tersebut menggunakan file digital sebagai outputnya sehingga diperlukan media penyimpanan yang sesuai agar apa yang dikerjakan bisa disimpan untuk waktu yang lama. Kartu memory atau memory card dalam bentuk SD card menjadi solusi murah meriah yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file digital hingga kapasitas tertentu sesuai dengan jenisnya.

 

Gadget-gadget tersebut semakin sering digunakan maka file output yang dihasilkan juga semakin banyak. Bahkan seringkali gadget mendownload file tanpa Anda ketahui ketika terhubung dengan internet. Proses download tersebut mungkin dimaksudkan untuk mengupdate aplikasi yang ada di gadget Anda. namun pastinya proses download akan memakan kapasitas memory hingga bisa menjadi habis jika banyak aplikasi yang di update dam membutuhkan jumlah file yang besar.

 

Agar memory card yang Anda miliki dan gunakan di gadget tidak cepat habis atau tiba-tiba habis saat Anda ingin menggunakannya, mungkin Anda perlu memanage penggunaannya untuk memberikan sisa ruang yang cukup bagi file-file baru yang memang diperlukan. Berikut ini adalah cara mengatur penggunaan memory card agar Anda bisa tetap memiliki ruang untuk menyimpan berbagai file:

Atur auto update.

Menonaktifkan auto update merupakan cara yang paling penting untuk menyelamatkan kapasitas kartu memory Anda. Anda perlu mengatur aplikasi mana yang memang perlu di update dan mana yang tidak untuk menghemat penggunaan memory. Caranya adalah dengan menyetting gadget agar memberi notifikasi sebelum melakukan update untuk semua aplikasi. Dari notifikasi tersebut Anda bisa memilah aplikasi mana yang memang dibutuhkan versi terbaru untuk bisa melakukan fungsinya.

 Bersihkan cache.

Semua aplikasi menghasilkan cache dimana cache merupakan bagian dari history untuk memudahkan aplikasi tersebut mengenali karakteristik penggunaan Anda. Cache bisa dibersihkan secara manual dengan cara mencari program dan menghapus cache.

 Hapus file yang sudah tidak diperlukan.

Banyaknya foto, file rekaman suara hingga video yang dihasilkan pastinya menjadi pengisi memory card paling banyak. Jika dirasa file tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi maka sebaiknya langsung saja dihapus untuk memberikan ruang pada file-file yang baru. Hal ini terutama bisa langsung dilakukan untuk file ukuran besar seperti video yang tidak diinginkan.

 

Cara di atas bisa Anda lakukan secara rutin seminggu sekali untuk membuang file yang tidak perlu dan menyortir file masuk hanya untuk yang dibutuhkan saja. Dengan begitu kapasitas kartu memory Anda tidak akan sampai kehabisan karena selalu terpantau. Selain untuk menambah ruang, dengan mengatur aplikasi mana yang harus di update juga bisa menghemat pemakaian kuota internet Anda.

 

Be Sociable, Share!

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *