Berikut Ini Jenis dan Harga Kamera CCTV di Pasaran

Keamanan saat ini menjadi hal yang wajib diprioritaskan mengingat efek dari keamanan yang kurang terjaga bisa membuat Anda mengalami kerugian harta benda bahkan nyawa. Karenanya sekarang banyak orang mulai menata kembali sistem keamanan baik di rumah, kantor atau pabrik dengan berbagai cara. Salah satu alat keamanan yang banyak dipergunakan sekarang adalah kamera cctv yang bisa dijadikan alat pengawas sekaligus barang bukti di pengadilan. Ada banyak jenis dari kamera cctv yang bisa dipilih untuk berbagai kegunaan, berikut ini adalah daftar jenis dan harga kamera cctv di pasaran.

  • Bullet camera.

Berbentuk seperti corong senapan yang biasa dipasang di area indoor ataupun outdoor. Bagian luar didesain sedemikian rupa sehingga kamera ini terlindung dari tetesan hujan. Tidak memiliki fitur zoom sehingga hanya bisa digunakan sebagai penangkap gambar tetap atau fiz camera. Harga untuk jenis ini per satuan kamera adalah sekitar Rp. 300.000an.

  • Dome camera.

Dome camera mungkin merupakan jenis kamera cctv yang paling banyak digunakan. Penggunaannya simple dengan cara ditempel atau dipakukan di atap ruangan. Dome camera umumnya merupakan fix camera, namun ada juga dome camera yang merupakan camera yang bisa berputar dengan cepat. Harga dome camera berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 350.000

  • Ptz camera.

Ptz atau dikenal dengan nama PAN camera merupakan jenis kamera cctv yang bisa bergerak ke kiri dan ke kanan sehingga memiliki jangkauan pandangan lebih luas. Dengan menggunakan ptz camera ini, 2 ruangan bisa dipasang hanya menggunakan 1 kamera yang ditempatkan di bagian pojok atas ruangan. Ptz camera selain bisa bergerak secara otomatis juga bisa digerakkan atau dikontrol oleh operator secara manual. Harga jenis ini yaitu Rp. 400.000an.

Selain jenis di atas, ada jenis lainnya yang memiliki harga kamera cctv paling mahal karena bisa dikontrol menggunakan gadget yaitu IP camera. Harga IP camera berkisar antara Rp. 700.000an namun bisa melakukan kerja perekaman atau penayangan video secara mandiri. Anda yang memiliki kamera jenis ini bisa memantau pergerakannya melalui gadget bahkan ketika Anda berada di luar rumah.

Itulah beberapa jenis dan harga kamera cctv yang saat ini banyak terdapat di berbagai toko alat elektronik. Bagi yang ingin melindungi rumah, kantor atau area pabrik dengan baik maka sebaiknya membeli perlengkapan keamanan cctv secara lengkap mulai dari kamera yang sesuai juga mesin perekaman dan kontrolnya. Dengan begitu tugas security bisa lebih mudah dan ringan serta hasil video bisa digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. Selain memilih berdasarkan jenis, ada baiknya Anda memilih berdasarkan lokasi yang bisa dipantau sehingga mendapatkan jenis kamera yang sesuai.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *