Berikut 4 Manfaat Memotret Memakai Tripod Kamera

Berikut 4 Manfaat Memotret Memakai Tripod Kamera

Untuk memaksimalkan hasil foto seorang fotografer dijamin akan melengkapi senjatanya dengan beragam aksesoris kamera. Salah satunya adalah tripod kamera yang merupakan penyangga kamera dengan kaki tiga yang menawarkan sekian manfaat menarik. Tripod ini tentu sangat populer bahkan lebih sering dipilih fotografer ketimbang monopod atau penyangga kamera berkaki satu. Monopod lebih cocok untuk mereka yang merekam dan memotret sebuah pertandingan agar tidak kehilangan momen apapun. Sebab monopod lebih mudah dipindahkan, digeser, dan sebagainya untuk hasil bidikan di semua momen penting.

Berikut 4 Manfaat Memotret Memakai Tripod Kamera

Manfaat Memotret Memakai Tripod

Inilah alasan mengapa tripod lebih populer karena menunjang segala aktifitas fotografer, kecuali untuk fotografi di bidang olahraga. Selebihnya tripod bisa diandalkan mulai dari nature fotografi, food fotografi, dan lain sebagainya. Adapun manfaat dari memakai tripod ini cukup banyak, berikut beberapa diantaranya:

  • Membuat hasil foto lebih jelas,

Memotret memakai tripod bisa menyempurnakan hasil bidikan karena bebas dari yang namanya guncangan. Hasil foto ini akan terlihat lebih jernih sehingga Anda bisa mengandalkannya di berbagai kesempatan. Bahkan sangat ideal untuk memotret obyek yang bergerak, sehingga bisa memotret kapan saja dan dimana saja.

  • Mengurangi efek guncangan pada kamera,

Fungsi utama dari tripod kamera bukan sekedar untuk memegang kamera yang digunakan untuk memotret. Melainkan untuk mengurangi efek guncangan ketika membidik seperti yang disebutkan sekilas di point sebelumnya. Guncangan ini kadang berasal dari tangan pemegang kamera sendiri, jadi foto yang dihasilkan cenderung berbayang dan kurang jelas. Kalau memakai tripod maka dipastikan guncangan ini tidak lagi menjadi masalah, bahkan memfasilitasi memotret di alam terbuka.

  • Menyempurnakan penggunaan shutter rendah,

Untuk kebutuhan memotret air yang bergerak tentu perlu mengatur shutter kamera ke posisi rendah agar hasil fotonya jelas. Selain untuk air, shutter rendah juga dipakai untuk memotret sumber cahaya bisa dari lampu kota, lampu kendaraan, sampai matahari terbenam dan terbit. Sayangnya pada saat memotret dengan pengaturan demikian guncangan sedikit saja sudah merusak hasil bidikan. Disinilah peran tripod menjadi sangat krusial supaya foto bebas guncangan dan shutter rendah menghasilkan gambar yang jelas, sehingga foto air mengalir terlihat nyata.

  • Memudahkan memotret diri sendiri,

Suka selfie dengan kamera bongsor sekelas mirrorless atau mungkin DSLR? Pada situasi tertentu tentu akan sulit untuk bisa menghasilkan foto diri sendiri yang jernih dan hidup. Maka bisa menempatkan kamera pada tripod kemudian mengatur waktu bidik supaya bisa beraksi dengan leluasa. Tripod pun membantu memotret apapun yang ingin memperlihatkan diri sendiri, entah wajah, seluruh badan, atau tangan untuk teknik food photography. Supaya hasilnya maksimal disarankan untuk memilih tripod kamera dengan kualitas yang memuaskan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *