Berbagai Model dan Cara Memilih Tas Kamera Idaman

Berbagai Model dan Cara Memilih Tas Kamera Idaman

Memiliki kamera DSLR, berarti sudah siap untuk menjaga kondisinya agar terhindar dari risiko-risiko kerusakan. Salah satu cara menjaganya adalah dengan meletakkannya pada tas. Tas kamera sangat beragam model dan bentuknya. Sebelum memutuskan membeli, alangkah baiknya mengetahui apa saja model tas tersebut? Berikut penjelasannya.

Berbagai Model dan Cara Memilih Tas Kamera Idaman

  1. Model tas punggung. Tas ini umumnya tidak terlalu ketara sebagai sebuah tas kamera. Tas ini hanya terlihat seperti tas biasa. Namun, sangat cocok untuk melindungi kamera Anda ketika melakukan kegiatan travelling atau outdoor lainnya. Ukurannya yang besar memungkinkan untuk menyimpan berbagai peralatan lainnya.
  2. Model loading bag. Tas dengan model demikian hanya mampu menyimpan satu kamera. Dengan lensa menghadap ke bawah, tas tersebut bisa dipakai dengan dislempangkan di pundak maupun dijadikan tas pinggang.
  3. Waist bag. Model tas kamera yang satu ini dipasang di pinggang. Dapat diputar ke belakang yang disebut hips bag, ataupun dislempangkan dengan messenger bag.
  4. Model Carry Bag. Karena mampu menyimpan banyak kamera dan lensa, tas ini menjadi idaman para fotografer.
  5. Multipurpose bag. Nah, tas yang satu ini bisa digunakan dengan berbagai macam model, dari tas punggung, slempang, dan lain-lain. Tas tersebut bisa menyesuaikan dengan berbagai situasi Anda.

Cara-cara memilih tas kamera idaman

Dalam memilih tas, Anda harus memerhatikan prosedur yang baik agar mendapatkan tas kamera idaman Anda, berikut beberapa diantaranya:

  • Pilih tas yang membuat kamera mudah dikeluarkan dan dimasukkan. Hal ini untuk membantu mobilitas Anda selama di perjalanan. Ketika hendak mengganti lensa, Anda bisa mengakses tas dengan mudah.
  • Memerhatikan pembagian pada tas. Bagian dalam tas yang bagus adalah yang dilengkapi dengan sekat pembagian tempat untuk setiap komponennya. Dengan begitu, tas akan tampak rapid an tidak campur aduk.
  • Lihat desain. Desain merupakan salah satu hal primer bagi pecinta fashion. Dengan desain kece, penampilan kita pun menjadi semakin keren dan maksimal.
  • Pilih tas yang sesuai untuk fotografer. Jika kebetulan Anda adalah seorang fotografer, memilih tas fungsional yang dapat menyimpan lebih dari satu kamera adalah pilihan yang pas. Anda bisa memilih model carry bag ataupun multipurpose bag.
  • Memilih tas tahan air, debu dan benturan. Setelah melihat desain, hal wajib lainnya yang penting diperhatikan adalah fungsi perlindungannya. Apakah mampu melindungi kamera dari debu, air, dan benturan? Tas kamera hendaklah memiliki raincover sebagai pelindung kamera dari air hujan, juga bahan tas yang mampu meredam benturan benda keras.
  • Memiliki Inner case. Fungsi yang satu ini berhubungan dengan ketahanan terhadap benturan benda keras. Pasalnya inner case merupakan bagian dalam kamera yang empuk dan berbahan tebal. Jika pun tas Anda tidak memiliki item ini, Anda bisa membelinya secara terpisah.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *