Beli DSLR Nikon Second? Pastikan untuk Memeriksa Bagian-bagian Penting Ini!

Beli DSLR Nikon Second? Pastikan untuk Memeriksa Bagian-bagian Penting Ini!

Fotografi belakangan ini memang kembali diminati oleh anak muda Indonesia, baik menekuninya dengan dalam mau pun hanya sekedar gemar atau hobi saja. Kebanyakan dari anak muda Indonesia memang saat ini menyukai mengambil gambar berbagai hal, dimulai dari benda, pemandangan, orang lain, dan juga memotret diri sendiri atau yang lebih dikenal dengan selfie atau swafoto. Untuk mengambil foto tersebut sekarang ini memang sudah bisa menggunakan ponsel pintar yang kebanyakan memiliki kamera yang begitu berkualitas. Namun, jika ingin hasil fotonya semakin menarik dan juga lebih berkualitas, maka Anda bisa memilih untuk menggunakan kamera jenis DSLR yang memang dikenal dengan kemampuan pengambilan gambar yang jempolan. Terutama, sekarang ini keluaran Nikon menjadi salah satu incaran para masyarakat Indonesia karena kualitasnya. Namun, harganya tidaklah murah, hal inilah yang membuat masyarakat Indonesia membeli DSLR Nikon second atau bekas. Sebelum melakukan transaksi, pastikan untuk menyempatkan mengecek beberapa bagian ini:

 Beli DSLR Nikon Second? Pastikan untuk Memeriksa Bagian-bagian Penting Ini!

  • Shutter Count

Hal pertama yang harus Anda cek adalah shutter count atau pengatur cahaya agar dapat masuk ke sensor kamera tersebut. Semakin sedikit jumlahnya, maka kualitasnya pun akan semakin baik. Rata-rata yang tergolong bagus adalah yang memiliki angka di bawah 10.000 hingga 50.000. Untuk mengeceknya, ambillah satu foto, lalu masukkan foto tersebut pada sebuah aplikasi khusus pembaca jumlah shutter count. Jika angkanya tinggi, pastikan untuk menawar harganya hingga semurah-murahnya.

  • Autofocus

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan autofocus dari kamera DSLR Nikon second yang akan dibeli. Pastikan jika autofocusnya masih tajam dan nyaman untuk digunakan. Teslah kecepatan membidiknya. Kamera yang masih berkualitas akan bisa langsung fokus pada suatu objek setidaknya memakan waktu 2 detik saja. Jika sering gagal fokus, lebih baik untuk tidak membelinya karena hal ini pastinya akan membuat Anda kesulitan dan merasa rugi di kemudian hari setelah digunakan beberapa waktu. 

  • Tombol dan LCD

Sebelum melakukan transaksi jual-beli, Anda harus juga mengecek setiap tombol yang ada pada kamera tersebut, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Hal terpenting yang harus dicek adalah tombol shutternya, jika terasa ngadat, maka lebih baik tidak membelinya. Selain itu periksa juga bagian LCD-nya, apakah masih peka akan sentuhan jari Anda atau tidak, serta pastikan jika layar tersebut kualitasnya masih bagus. 

  • Garansi

Hal terpenting terakhir yang juga harus Anda periksa sebelum membeli kamera DSLR Nikon yang sudah dipakai orang lain atau merupakan barang second adalah garansinya. Pastikan jika kamera yang akan Anda beli masih memiliki garansi, karena jika sewaktu-waktu mengalami masalah, Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk biaya perbaikannya. Pastikan jika kamera tersebut memiliki garansi resmi yang jangka waktunya masih panjang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *